Rabu, 13 Februari 2019

Daftar Makanan Wajib Bagi Penderita Hipertensi


Bagi penderita hipertensi, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi merupakan suatu keharusan. Peranan makanan menjadi penting karena sangat mempengaruhi kestabilan tekanan darah dan kebutuhan akan obat obatan penurun tensi.

Tidak seperti obat obatan penurun tensi yang kerjanya mengatur aliran darah dari dan ke jantung, asupan makanan yang tepat dapat membantu membersihkan rongga pembuluh darah dari timbunan plak/lemak sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Lancarnya aliran darah menyebabkan tekanan darah menjadi relatif stabil dan kebutuhan organ organ vital terhadap suplai darah yang cukup menjadi terpenuhi.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikatakan wajib dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Almond

Magnesium adalah elektrolit yang sangat penting dalam pengendalian tekanan darah, kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salah satu jenis makanan yang kaya dengan magnesium adalah almond. Mengonsumsi almond secara teratur dapat menyehatkan tekanan darah.

Beet

Beet merupakan salah satu obat alami tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, beet bermanfaat mengobati hipertensi karena kaya dengan kandungan nitrat. Di dalam tubuh, nitrat alami yang terdapat pada beet diubah menjadi nitrit oksida, zat yang dapat memperbaiki tekanan darah.

Cinnamon

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Lipids in Health and Disease, cinnamon dapat memperbaiki kondisi pasien dengan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi. Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi berupa penumpukan lemak tubuh, peningkatan kadar gula darah, peningkatanan tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida tidak normal.

Sayuran hijau

Warna hijau pada makanan merupakan pengendali tekanan darah yang baik, terutama bila makanan tersebut berbentuk sayuran. Menurut sebuah penelitian, sayuran yang berwarna hijau kaya dengan kandungan lutein, zat yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung terutama bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

Mangga

Menurut sebuah penelitian, tekanan darah seseorang akan menurun ke kondisi sehat selama dua jam setelah mengonsumsi mangga. Penurunan ini disebabkan karena adanya kandungan mangiferin, quercetin, gallotannins dan gallic acid pada mangga.

Tomat

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Medical Science, tomat merupakan makanan pilihan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau mereka yang berisiko tinggi menderita penyakit jantung.

Semangka

Lycopene yang terdapat pada buah semangka telah lama diketahui bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, atherosklerosis dan tekanan darah tinggi.


KomentarKomentar