Sabtu, 05 Januari 2019

Suka Berendam Air Hangat? Ini Manfaat Kesehatannya


Semua orang tahu, berendam air hangat akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Air hangat membuat rasa pegal dan nyeri pada tubuh akan berkurang. Berendam air hangat juga dapat mengikis rasa khawatir dan meredakan stress mental. Manfaat berendam air hangat tersebut bisa kita rasakan langsung tanpa harus menunggu pembuktian dari para ahli. Dan ketika kita membaca baca penelitian terbaru, manfaat berendam air hangat ternyata lebih dari itu. Berendam air hangat secara rutin ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology, berendam air hangat dapat meningkatkan produksi nitrit oksida di dalam tubuh sehingga tekanan darah menurun, pemanfaatan glukosa oleh jaringan tubuh lebih optimal, menurunkan kadar gula darah puasa dan menurunkan terjadinya proses inflamasi. Temuan ini tentu saja merupakan kabar yang sangat mengembirakan bagi dunia kesehatan.

Temuan pada penelitian terbaru lebih ke arah manfaat berendam air hangat dalam mencegah terjadinya proses inflamasi. Berendam air hangat membantu tubuh mempercepat proses metabolisme sehingga berat badan akan menurun. Berkurangnya proses inflamasi di dalam tubuh tentu akan bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti radang sendi (arthritis), kanker, diabetes, penyakit jantung, kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.

Khusus untuk penderita diabetes, para ahli menjumpai pasien pasien diabetes yang diikutkan dalam program berendam air hangat memiliki respon pengobatan yang lebih baik sehingga secara umum dapat membantu proses pengobatan diabetes.

Yang perlu diperhatikan saat memutuskan berendam air hangat adalah suhu dari air yang digunakan berendam. Usahakan airnya tidak terlalu panas untuk mencegah rasa tidak nyaman pada kulit yang dapat menimbulkan masalah kesehatan baru. Tidak ada patokan berapa suhu air yang ideal untuk setiap orang, tetapi kita bisa mengatur suhu air sesuai dengan kenyamanan masing masing.


KomentarKomentar