Selasa, 20 November 2018

10 Jenis Makanan Untuk Mencegah Kram Otot


Saat berolahraga, kram otot merupakan salah satu masalah otot yang kerap terjadi. Kram otot terjadi saat otot mengalami kelelahan dan kekurangan elektrolit sehingga konstraksi otot menjadi tidak terkontrol. Gak hanya saat olahraga, kram otot juga bisa dialami oleh mereka yang sedang tidur.

Untungnya kram otot bukan lagi menjadi masalah besar jika kita bisa mengantisipasinya. Dengan mengonsumsi makanan tertentu, kita bisa mencegah terjadinya kram otot. Selain mencegah kram otot, makanan makanan ini juga bisa mencegah terjadinya kram saat menstruasi.

Berikut 10 jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya kram otot:

1. Pisang


Pisang merupakan makanan yang sangat tepat dikonsumsi sebelum berolahraga untuk menambah energi dan mencegah kram. Pisang kaya dengan kalium, magnesium dan kalsium yang kesemuanya merupakan mineral penting untuk mencegah kram otot.

2. Air

Kram otot bisa dicegah dengan minum air yang cukup, terutama saat kita melakukan olahraga yang berat. Minumlah yang cukup sebelum dan selama berolahraga. Pastikan tubuh mendapatkan 1,5 liter setiap hari atau sesuai dengan beratnya aktivitas yang dilakukan. Agar tidak membosankan, kita bisa memilih air yang diberikan perasa dan elektrolit.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang wajib dimakan setiap hari mengingat alpukat sangat kaya dengan zat gizi. Kandungan kalium yang banyak pada alpukat sangat bagus untuk mencegah kram otot.

4. Acar

Penelitian menyebutkan, makan acar dapat mencegah terjadinya masalah kelistrikan pada otot penyebab terjadinya kram. Periode kram memendek menjadi sekitar 49 detik saat seseorang mengganti air dengan acar. Peranan acar untuk menyembuhkan kram otot masih belum bisa dipastikan, tetapi diduga karena acar mengandung natrium dan asam asetat pada cuka.

5. Semangka


Semangka kaya dengan kalium dan sangat bagus untuk mencegah dehidrasi. Semangka juga kaya dengan antioksidan untuk melawan inflamasi dan stress oksidatif.

6. Jus jeruk yang diperkaya

Meskipun kaya dengan kandungan gula dan kalori, jus jeruk juga bermanfaat untuk mencegah kram otot. Hal ini disebabkan karena jus jeruk banyak mengandung magnesium dan kalsium.

7. Ubi jalar

Ada banyak cara memasak ubi jalar, tetapi bila kita menginginkan kadar kalori yang rendah, cobalah memasak ubi jalar dengan cara dibakar atau direbus. Ubi jalar sangat kaya dengan kalium untuk mencegah terjadinya kram otot.

8. Buncis

Buncis memang gak pas dimakan sebelum berolahraga, tetapi buncis bisa dijadikan makanan rutin setiap hari karena kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi.

9. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat kaya dengan magnesium. Bayam juga kaya dengan kalsium  sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kram otot.

10. Seledri

Tubuh membutuhkan natrium untuk keseimbangan cairan dan konstraksi otot. Seledri merupakan salah satu sumber natrium yang bagus, terutama untuk mencegah terjadinya kram otot.


KomentarKomentar