Minggu, 14 Oktober 2018

Apakah Jahe Bagus Untuk Penderita Osteoarthritis?


Selama ini kita mengenal jahe sebagai salah satu rempah yang bagus untuk meredakan nyeri haid, lalu bagaimana dengan manfaat jahe pada penderita osteoarthritis?

Osteoarthritis atau radang tulang sendi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak penderitanya dan tentu saja keluhan utama dari osteoarthritis adalah nyeri kronis dan disabilitas. Sebuah penelitian besar yang dipublikasikan tahun 2000 tidak berhasil membuktikan manfaat jahe bagi penderita osteoarthritis. Ketidakberhasilan ini mungkin disebabkan karena penelitian ini dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yakni sekitar tiga minggu.

Belajar dari penelitian sebelumnya, pada tahun 2001 dilakukanlah penelitian yang lebih panjang yakni sekitar enam bulan. Hasilnya, jahe terbukti bermanfaat bagi penderita osteoarthritis. Meskipun hasil penelitian ini sudah memberikan titik terang tentang manfaat jahe untuk mengurangi keluhan nyeri pada penderita osteoarthritis, tetapi efek yang dirasakan penderita tidaklah begitu signifikan bila dibandingkan dengan placebo. Itu sebabnya hasil penelitian ini belum bisa menjadi pedoman rekomendasi penggunaan jahe dalam pengobatan osteoarthritis.

Sejak saat itu, hanya sedikit penelitian yang berhasil memberikan hasil yang mengesankan sehingga saat ini jahe hanya diberi label sebagai zat yang dapat meredakan nyeri dan disabilitas pada penderita osteoarthritis.

Lalu bagaimana bila dibandingkan dengan metode pengobatan yang lain? Osteoarthritis merupakan penyakit kronis sehingga dibutuhkan pertimbangan yang sangat ketat tentang manfaat atau risiko pengobatan yang dilakukan. Pengobatan menggunakan obat obatan antiinflamasi merupakan pilihan yang kerap diambil dokter untuk mengobati penderita osteoarthritis. Sayangnya, pengobatan dengan obat obatan antiinflamasi ini memiliki risiko yang serius terhadap sistem kardiovaskuler dan sistem pencernaan. Tidak sedikit penderita osteoarthritis yang minum obat antiinflamasi seperti ibuprofen mengalami masalah pada dinding bagian dalam usus halusnya. Risiko ini bisa diminimalisasi dengan pemberian obat tambahan yang melawan efek buruk dari ibuprofen.

Obat sejenis ibuprofen memiliki efek merusak lapisan bagian dalam lambung sehingga kemampuan lambung melawan efek dari asam lambung semakin berkurang. Pemberian obat obat yang memblok produksi asam lambung sebagai obat tambahan bisa mengurangi risiko kerusakan lambung yang disebabkan oleh ibuprofen. Nah, jahe ternyata bermanfaat untuk memperbaiki lapisan dinding bagian dalam lambung. Jadi, jahe bisa digunakan untuk meredakan nyeri osteoarthritis tanpa berisiko merusak lapisan bagian dalam lambung.


KomentarKomentar