Selasa, 30 Oktober 2018

9 Fakta Hidung Yang Wajib Kamu Ketahui


Hidung adalah organ tubuh manusia tempat keluar masuknya udara. Selain itu, hidung juga berfungsi untuk mempercantik tampilan wajah seseorang. Itu sebabnya salah satu operasi bedah plastik yang paling laris adalah operasi mempercantik hidung.

Nah, selain fungsi yang saya sebutkan di atas, ternyata ada 9 fakta hidung yang wajib kamu ketahui.

1. Hidung mempengaruhi nada suara

Meskipun suara datang dari mulut, tetapi hidung juga memegang peranan penting dalam mengatur nada suara. Saat berbicara, udara mengalir dari pita suara ke dalam mulut. Palatum yang ada pada bagian belakang mulut mengatur banyaknya udara yang dikeluarkan melalui hidung. Nada suara akan berubah ketika udara yang keluar hidung terlalu banyak atau terlalu sedikit.

2. Hidung merupakan filter udara alami tubuh

Setiap hari, hidung kita berperang melawan alergen, debu, kotoran, kuman dan lain lain. Untungnya, sebagian besar dari benda benda asing tersebut berhasil diatasi oleh hidung. Di dalam rongga hidung terdapat lapisan lendir yang berfungsi 'menangkap' benda benda asing yang masuk hidung. Rambut yang terdapat di dalam hidung membantu proses penyaringan udara.

3. Hidung mengatur suhu dan kelembaban udara

Selain sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam paru paru, hidung juga mengatur kelembaban udara yang masuk. Udara yang terlalu kering atau terlalu basah dapat menganggu fungsi paru paru. Itu sebabnya sebelum memasuki paru paru, udara yang dari luar akan diatur dulu kelembaban dan suhunya oleh hidung.

4. Hidung melindungi tubuh dengan kemampuan mencium

Saat kita menghirup udara, sel sel saraf yang terdapat di dalam rongga hidung akan mendeteksi bau bauan yang masuk. Selain mencium bau bau yang menyegarkan, hidung juga mencium bau bauan yang berbahaya dan berisiko menimbulkan masalah bagi tubuh. Hidung juga memiliki kemampuan mendeteksi adanya racun yang terdapat di dalam udara, asap, makanan dan lain lain.

5. Hidung membantu selera makan

Antara penciuman dan selera makan memiliki hubungan yang sangat erat. Tidak heran jika selera makan kita tiba tiba meningkat saat mencium bau masakan yang sedap. Bila lidah merasakan rasa manis, asin, pahit dan asam maka hidung melengkapi informasi yang diterima otak dengan aroma dari makanannya.

6. Hidung tempat hidupnya bakteri baik

Bakteri baik tidak hanya hidup di dalam saluran cerna, di hidung dan saluran sinus pun terdapat bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Bakteri bakteri ini bekerja membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab infeksi.

7. Bayi baru lahir selalu bernafas melalui hidung

Hidung merupakan saluran nafas utama yang dimiliki manusia. Itu sebabnya kita merasa tidak nyaman saat hidung tersumbat, meskipun saat itu kita masih bisa bernafas melalui mulut. Bernafas melalui hidung sangat dominan pada bayi yang baru lahir. Kemampuan ini sangat berguna agar bayi bisa bernafas dengan baik tanpa takut tersedak saat mereka menyusu.

8. Penciuman membantu daya ingat

Apakah kamu pernah mencium makanan saat anak anak? Masihkah kamu ingat makanan apa itu? Yap, penciuman dapat membantu kita mengingat sesuatu. Indera penciuman yang ada di hidung terhubung dengan area otak yang juga berfungsi dalam hal emosi dan memori.

9. Penciuman membantu menemukan jodoh

Berbicara tentang wewangian, hidungmu mungkin tertarik dengan parfum yang digunakan oleh lawan jenis. Hidung juga bisa mendeteksi adanya pheromone yang membantu kamu menemukan pasanganmu. Meskipun hal ini masih diperdebatkan, tetapi tidak sedikit ahli yang menyetujui kemampuan hidung dalam mendeteksi lawan jenis.


KomentarKomentar