Kamis, 18 Oktober 2018

6 Jenis Sayuran Ini Lebih Sehat Jika Dimasak Terlebih Dahulu

Salah satu kegemaran orang Indonesia adalah makan lalapan. Yap, sayuran yang dimakan mentah ini menjadi salah satu teman makan nasi yang cukup disukai. Disamping mudah cara mengolahnya, makan lalapan juga dianggap lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan makan sayuran yang telah dimasak. Benarkah demikian?

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam journal Frontiers of Psychology, kandungan gizi beberapa jenis sayuran ternyata lebih besar justru setelah sayuran itu dimasak. Disamping itu, sayuran mentah yang tidak diolah dengan baik akan menyisakan racun yang bila masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut 6 jenis sayuran yang kandungan gizinya meningkat setelah dimasak:

1. Wortel


Ini bukan berita baik bagi penggemar jus wortel, tetapi bila kamu ingin mendapatkan manfaat lebih dari wortel, cobalah memasak wortel sebelum dimakan. Wortel menghasilkan beta karoten lebih banyak setelah dimasak. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi Vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh.

2. Sayuran hijau


Mengonsumsi sayuran hijau mentah merupakan sebuah kesalahan. Selain seratnya susah dicerna, kandungan asam oksalat pada sayuran hijau juga berisiko menyebabkan masalah pada lambung dan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jadi, jika kamu suka dengan sayuran yang daunnya berwarna hijau, cobalah untuk selalu mengonsumsinya setelah dimasak dengan baik.

3. Asparagus


Meskipun mengonsumsi asparagus mentah itu aman, tetapi mengonsumsinya setelah dimasak akan jauh lebih sehat. Setelah dimasak, kandungan gizi dan antioksidan pada asparagus akan lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, asparagus yang telah dimasak akan lebih enak dibandingkan dengan asparagus mentah.

4. Tomat


Meskipun banyak yang menganggap tomat itu buah, tetapi tidak sedikit yang memegang prinsip, tomat itu adalah sayuran. Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang bermanfaat untuk menekan stress oksidatif yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat. Tomat akan memproduksi lebih banyak lycopene setelah dimasak.

5. Bayam


Seperti halnya sayuran berdaun hijau lainnya, bayam mentah juga mengandung asam oksalat. Untungnya, asam oksalat ini bisa dipecah dengan baik setelah bayam dimasak. Kandungan gizi pada bayam seperti serat, kaslum, zinc, zat besi, protein, Vitamin A dan E juga akan mampu diserap dengan baik setelah bayam dimasak.

6. Terong


Terong merupakan salah satu sayuran yang kerap dimakan mentah bersama lalapan, tapi tahukah kamu? Terong mentah mengandung racun solanine, yang bisa menyebabkan masalah pada perut. Meskipun masalah pencernaan ini baru muncul setelah kita makan terong dalam jumlah banyak, ada baiknya kita mengonsumsi terong setelah dimasak agar lebih aman.


KomentarKomentar