Sabtu, 01 September 2018

8 Masalah Mulut Yang Berhubungan Dengan Masalah Kesehatan


Kita semua tahu, menggosok gigi secara rutin merupakan salah satu cara agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Lalu, apa yang harus dipikirkan bila kesehatan gigi dan mulut tetap terganggu meskipun kamu telah rajin merawatnya? Jawabannya adalah kamu harus memikirkan kemungkinan adanya masalah kesehatan di bagian tubuh lain yang berimbas pada kesehatan gigi dan mulut.

Dengan kata lain, kamu bisa mendeteksi adanya gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuhmu hanya dengan melihat masalah yang ada pada mulut.

Berikut 8 masalah muluy yang berhubungan dengan masalah kesehatan secara umum:

1. Lidah halus



Menggosok lidah dengan batang sikat gigi merupakan salah satu cara menghaluskan lidah, tapi bagaimana jika lidahmu halus tanpa digosok dengan batang sikat gigi? Bila hal tersebut terjadi, ada kemungkinan kamu menderita defisiensi vitamin B12, kekurangan zat besi dan asam folat. Kekurangan vitamin B12 juga membuat lidah tampak kemerahan dan nyeri.

Defisiensi vitamin B12 kerap dialami oleh mereka yang vegetarian sebab sumber utama vitamin B12 adalah makanan yang berasal dari hewan. Kekurangan vitamin B12 pada vegetarian bisa diatasi dengan minum suplemen vitamin B12.

2. Gusi bengkak


Pembengkakan pada gusi bisa terjadi pada mereka yang menderita inflamasi kronis. Kondisi ini harus kamu anggap serius karena inflamasi kronis merupakan faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2, kepikunan dan penyakit jantung.

3. Luka menetap pada mulut


Luka pada mulut atau kerap disebut dengan sariawan bisa dialami oleh siapa saja, tetapi bila sariawan tersebut susah sembuh dan sering kambuh, kamu harus mulai memikirkan penyebab yang lain. Sariawan yang susah sembuh bisa menjadi tanda terjadinya kanker mulut atau adanya infeksi HIV.

Tapi kamu gak perlu khawatir, sebagian besar sariawan pada mulut akan sembuh dalam beberapa hari. Namun bila sariawan tersebut tidak sembuh dalam dua minggu, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

4. Bercak bercak pada lidah


Bercak bercak pada lidah memang menyebalkan, tetapi kebanyakan bukan disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Menurut Mayo Clinic, bercak bercak lidah tidak disebabkan oleh masalah kesehatan secara langsung, tetapi kebanyakan mereka yang mengalami hal ini akan menderita kecemasan karena kelainannya itu.

5. Rasa panas pada lidah


Kamu merasakan lidahmu panas atau seperti terbakar tanpa sebab yang jelas? Bila kamu merasakan hal itu, kemungkinan disebabkan oleh reaksi alergi terhadap pasta gigi yang kamu gunakan. Rasa terbakar pada lidah juga kerap dialami oleh mereka yang memasuki masa menopause karena adanya perubahan keseimbangan hormonal pada masa itu.

6. Lidah pucat



Lidah pucat atau lidah kotor bisa disebabkan karena perawatan mulut yang buruk. Bakteri dan sel sel mati menyebabkan lidah tampak putih/kotor. Bila kamu telah merawat mulut dengan baik, tetapi lidahmu tetap kotor/putih maka kemungkinan kamu menderita anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi.

7. Bau nafas yang kurang sedap


Kebanyakan penderita bau nafas yang kurang sedap disebabkan oleh perawatan kesehatan mulut yang buruk. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada ginjal. Gagal ginjal menyebabkan zat zat buangan yang berbau tidak mampu dikeluarkan dari tubuh sehingga keluar dalam bentuk bau nafas yang buruk.

8. Gusi mengecil dan gigi tanggal


Adalah normal gigi tanggal seiring dengan bertambahnya usia, tapi bila gigimu tanggal sebelum waktunya maka kemungkinan hal tersebut merupakan tanda terjadinya osteoporosis. Pengeroposan tulang atau osteoporosis menyebabkan mengecilnya tulang rahal yang bisa menyebabkan mengecilnya gusi dan tanggalnya gigi.


KomentarKomentar