Senin, 27 Agustus 2018

Magnesium Penting Untuk Kesehatan Tulang, Ini Alasannya


Selama ini kita hanya mengenal kalsium sebagai salah satu mineral yang penting untuk kesehatan tulang, padahal selain kalsium, peranan mineral lain seperti magnesium tidak kalah pentingnya. Karena sering terabaikan, asupan magnesium harian pun banyak yang tidak mencapai rekomendasi 350 sampai 420 mg per hari.

Mengapa magnesium penting untuk kesehatan tulang?


Menurut penelitian terbaru yang me-review data sebanyak 2.245 pria membuktikan, pria yang kadar magnesium di dalam darahnya cukup tinggi memiliki risiko patah tulang yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pria yang kadar magnesium di dalam darahnya rendah.

Pada penelitian yang lain disebutkan, wanita menopause yang secara rutin mengonsumsi suplemen magnesium hidroksida mengalami perbaikan ketebalan tulang dan terlindungi dari patah tulang.

Vitamin D sangat penting untuk otot dan tulang yang kuat. Sayangnya, mengonsumsi Vitamin D yang cukup tidak serta merta membuat otot dan tulang menjadi kuat. Di dalam tubuh, Vitamin D membutuhkan bantuan magnesium agar bisa menjadi bentuk yang aktif. Itu sebabnya orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D sangat rentan mengalami defisiensi magnesium karena seluruh magnesium di dalam darahnya digunakan untuk metabolisme Vitamin D.

Beberapa tanda atau gejala yang dialami oleh mereka yang tubuhnya kekurangan magnesium antara lain kram otot, kedutan pada otot dan lemas. Bila merasakan gejala ini, segera konsumsi makanan yang tinggi kadar magnesiumnya. Kadang untuk kadar magnesium yang terlalu rendah, makanan kaya magnesium tidak begitu membantu, pasien membutuhkan tambahan asupan magnesium dari supplemen.

Lalu apa hubungan antara magnesium dengan kalsium?


Memang betul tulang membutuhkan kalsium agar bisa kuat, tetapi kalsium yang kita konsumsi tidak serta merta bisa masuk ke dalam tulang untuk memperkuatnya. Kalsium membutuhkan Vitamin D dan magnesium agar bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Sederhananya, Vitamin D tidak bisa bekerja tanpa bantuan magnesium dan kalsium tidak bisa diserap dengan baik tanpa bantuan Vitamin D.

Tanpa diserap dengan baik, kalsium bisa menyebabkan masalah pada ginjal, jaringan payudara, kandung empedu dan dinding pembuluh darah.

Untuk meningkatkan asupan magnesium, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti cokelat, alpukat, kacang kacangan dan biji bijian.. Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium.


KomentarKomentar