Senin, 13 Agustus 2018

13 Alasan Mengapa Kamu Harus Lebih Banyak Makan Stroberri

Tags


Pernah makan buah stroberri? Suka gak? Berbahagialah bila kamu termasuk orang yang menyukai stroberri sebab buah mungil berwarna merah ini selain murah dan gampang didapan, ternyata juga kaya dengan manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat buah stroberri bagi kesehatan yang penting kamu ketahui:

1. Menurunkan risiko serangan jantung



Buah stroberri mengandung protein yang disebut dengan nama anthocyanins. Selain memberikan warna merah dan rasa yang menggoda, protein ini ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Circulation menyebutkan, buah stroberri dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai dengan 32 persen bila dikonsumsi secara rutin.

2. Mencegah terjadinya penyakit jantung


Selain mencegah serangan jantung pada penderita penyakit jantung, buah stroberri juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung pada orang yang sehat. Buah stroberri mencegah terjadinya penyumbatan pada aliran darah yang disebabkan oleh adanya timbunan leemak.

3. Kaya dengan vitamin C


Stroberri adalah salah satu buah yang sangat kaya dengan vitamin C. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini membuat buah stroberri bagus untuk membantu menguatkan pembuluh darah arteri, mencegah terbentuknya memar dan memperkuat fungsi beberapa kelenjar.

4. Mencegah penyakit Alzheimer


Stroberri mengandung fisetin yang menurut sebuah penelitian dapat membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Fisetin adalah antioksidan alami yang membantu memperkuat otak dan bisa bertindak sebagai anti inflamasi.

5. Mengurangi risiko kepikunan



Selain dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer, fisetin yang terdapat pada stroberri juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kepikunan terutama pada mereka yang berusia lanjut.

6. Memiliki kemampuan sebagai anti depresi


Fisetin yang terdapat pada buah stroberri ternyata tidak hanya bermanfaat dalam hal ingat mengingat, tetapi juga sebagai anti depresi. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Antioxidants and Redox Signalling, fisetin membantu regulasi hormon serotonin yang memberi rasa nyaman pada otak.

7. Menyeimbangkan kadar gula darah


Beberapa penelitian menyimpulkan, mengonsumsi stroberri dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kadar insulin agar tetap seimbang. Stroberri memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bagus untuk mencegah terjadinya diabetes.

8. Memperbaiki kerusakan otak pasca stroke



Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Brain Research menyimpulkan, fisetin yang terdapat pada buah stroberri dapat mengurangi terjadinya kerusakan otak dan sel saraf pasca serangan stroke.

9. Memperbaiki kesehatan sistem pencernaan


Buah stroberri merupakan sumbet serat dan air yang bagus. Karena kandungan serat dan airnya ini maka stroberri sangat bagus untuk mencegah terjadinya sembelit dan memperlancar pergerakan usus.

10. Memperbaiki tekanan darah


Kandungan kalium yang terdapat pada buah stroberri dapat membantu mencegah efek kerusakan yang disebabkan oleh tingginya kadar natrium dalam darah. Sebagaimana diketahui, kadar natrium yang terlalu tinggi dalam darah dapat meningkatkan tekanan darah sehingga berisiko menyebabkan hipertensi.

11. Mencegah terjadinya melanoma



Fisetin yang terdapat dalam stroberri terbukti memiliki efek perlindungan terhadap terjadinya kanker kulit ganas, melanoma. Kesimpulan penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Investigative Dermatology.

12. Mencegah terjadinya kanker prostat


Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Carcinogenesis menyebutkan, fisetin yang terdapat dalam buah stroberri memiliki kemampuan membunuh sel sel kanker, termasuk sel sel kanker pada prostat.

13. Sebagai anti nyeri dan anti inflamasi


Stroberri merupakan anti inflamasi dan anti nyeri alamiah. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients, mengonsumsi buah stroberri secara rutin dapat membantu meredakan nyeri dan proses inflamasi.


KomentarKomentar