Kamis, 05 Juli 2018

6 Cara Alami Mencegah Mata Minus


Mata adalah salah satu organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain untuk melihat, mata juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Mata yang sehat akan membuat seseorang mampu mengerjakan banyak hal baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Sayangnya, mata sangat rentan mengalami masalah yang berhubungan dengan tajam penglihatan. Berbagai masalah tersebut antara lain glaukoma, degenerasi makular, katarak dan gangguan tajam penglihatan seperti minus, plus maupun silinder,

Berita baiknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyehatkan mata sehingga terhindar dari berbagai faktor risiko yang dapat memperburuk tajam penglihatan. Melalui tulisan kali ini, saya akan mencoba memberikan tips cara alami mencegah bertambah buruknya tajam penglihatan. Salah satu masalah tajam penglihatan yang banyak dikeluhkan adalah mata minus.

1. Konsumsilah Vitamin A



Sejak dulu sudah sering kita mendengar tentang wortel yang bagus untuk mata. Anggapan itu tidak salah karena wortel kaya dengan vitamin A atau beta karoten dan mata kita sangat membutuhkan vitamin A agar tetap sehat. Namun, sumber vitamin A tidak hanya wortel, ada banyak makanan lain yang juga kaya dengan vitamin A, seperti daging, liver, ikan, keju alami, bayam dan lain lain. Jadi, bila ingin mata tetap dalam kondisi sehat, cobalah untuk lebih rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

2. Jangan lupa berkedip


Secara alami, mata manusia akan berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit. Namun ketika berada di depan layar komputer atau gadget, frekuensi kedipan mata akan jauh berkurang atau rata rata 7 sampai 10 kali per menit. Fungsi berkedip adalah memberi kesempatan kelopak mata membasahi dan membersihkan mata dari kotoran yang menempel. Bila frekuensi berkedip berkurang maka kornea mata akan kering dan cepat mengalami iritasi.

3. Istirahatkan mata dari layar komputer atau gadget


Memandang layar komputer atau gadget dalam jangka waktu yang lama selain menganggu kesehatan mata juga berpengaruh pada respon hormonal yang berhubungan dengan tidur. Pengaruh respon hormonal ini terutama disebabkan oleh pancaran sinar biru yang keluar dari layar komputer atau gadget. Saat berlama lama di depan komputer atau gadget, cobalah mengistirahatkan mata barang sejenak. Pandanglah obyek yang jauh dalam beberapa menit sehingga lensa mata bisa relaksasi.

4. Kendalikan gula darah dengan baik


Diabetes menjadi salah satu biang kerok dari masalah penglihatan. Jadi, sangatlah penting untuk menjaga kadar gula darah dengan baik agar mata selalu dalam kondisi sehat. Bagi penderita diabetes, sangatlah penting minum obat pengatur kadar gula darah yang diberikan dokter sembari melakukan pengaturan diet dan olahraga yang teratur. 

5. Gunakan kacamata



Seperti halnya kulit, sinar ultraviolet yang berasal dari matahari juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Gunakanlah kacamata yang memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB saat berada di luar ruangan.

6. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan mata


Terakhir, cobalah untuk selalu memeriksakan kondisi mata meskipun saat ini tidak mengalami keluhan pada mata. Pemeriksaan mata rutin setiap tahun berguna untuk deteksi dini kelainan pada mata sehingga bisa dilakukan tindakan segera bila ditemukan masalah pada mata. Seperti halnya penyakit lain, penyakit pada mata juga akan dapat diobati dengan baik jika penyakit tersebut ditemukan sedini mungkin.


KomentarKomentar