Sabtu, 14 Juli 2018

6 Cara Alami Membuat Bau Nafas Lebih Segar


Pernah berdekatan dan berbicara dengan orang yang bau nafasnya kurang sedap? Gimana rasanya? Yap, bau nafas merupakan salah satu faktor penting dalam memupuk rasa percaya diri. Memiliki bau nafas yang kurang sedap selain memalukan juga berdampak buruk terhadap pekerjaan, kehidupan sosial dan kehidupan bersama pasangan.

Untungnya, bau nafas yang kurang sedap bukanlah suatu takdir yang tidak bisa diubah. Ada banyak cara membebaskan diri dari bau nafas yang kurang sedap, salah satunya dengan cara cara alamiah.

Sebelum berusaha mengatasi bau nafas yang kurang sedap, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu halitosis atau bau nafas yang kurang sedap.

Bau nafas adalah aroma yang berasal dari mulut dan hidung saat seseorang berbicara atau membuka mulut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi aroma nafas kita, diantaranya kebersihan rongga mulut, jenis makanan yang kita konsumsi dan gaya hidup seperti merokok dan lain lain.

Bau nafas yang kurang sedap juga bisa berasal dari masalah kesehatan pada mulut dan tenggorokan, seperti radang pada tonsil (tonsilitis) atau radang pada gusi (gingivitis).

Uniknya, banyak yang merasa sudah menggosok gigi dengan teratur dan benar, tetapi bau nafasnya masih saja tidak sedap. Kalau memang begitu, apa yang bisa dilakukan selanjutnya? Nah, berikut adalah 6 cara alami yang dapat dilakukan agar bau nafas lebih segar.

1. Rawatlah gigi dan gusi



Cara pertama yang kudu dilakuan untuk menjauhkan bau mulut yang kurang sedap adalah dengan rutin menggosok gigi. Lakukanlah pembersihan gigi ini minimal 2 kali setap hari. Bila perlu, lakukan juga floss untuk membersihkan sisa sisa makanan yang ada di sela sela gigi. Rajin menggosok gigi membuat bakteri penyebab bau mulut tidak bisa hidup berlama lama di dalam mulut.


2. Jaga kesehatan pencernaan



Bau nafas kurang sedap bisa merupakan tanda dari tidak sehatnya proses pencernaan. Jadi, apa yang baik untuk pencernaan juga akan baik untuk bau nafas. Mengonsumsi makanan yang kaya dengan probiotik merupakan salah satu cara memperbaiki kesehatan sistem pencernaan.

3. Kumur dengan baking soda


Berkumur dengan baking soda merupakan salah satu cara yang efektif untuk membunuh bakteri yang ada pada rongga mulut. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air lalu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik.

4. Konsumsi karbohidrat yang sehat


Bau nafas kurang sedap bisa disebabkan oleh efek samping dari karbohidrat. Hal ini karena saat proses pemecahan karbohidrat, terjadi pelepasan keton yang memiliki bau yang kurang sedap. Pelepasan keton juga terjadi saat tubuh kelaparan, itu sebabnya orang yang lagi puasa memiliki bau nafas yang tidak sedap.

5. Minum yang cukup



Kita kira kira memproduksi 1 liter air liur setiap hari. Air liur mengandung enzim yang dapat memecah partikel makanan yang ada di dalam rongga mulut sehingga bakteri tidak bisa hidup di sana. Nah, bila produksi air liur berkurang maka proses tersebut tidak berlangsung dengan baik sehingga bakteri berkembang biak dengan baik di dalam rongga mulut. Solusinya adalah dengan cara minum air yang cukup sehingga rongga mulut tetap basah dan produksi air liur juga meningkat,

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran


Mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin dan mineral dapat meningkatkan status kesehatan secara umum termasuk kesehatan saluran pencernaan. Dan bila tubuh dalam kondisi sehat maka akan sangat kecil kemungkinan akan memiliki bau nafas yang kurang sedap. Buah dan sayuran adalah sumber alami vitamin dan mineral yang terbaik. Jadi, cobalah untuk selalu mengonsumsi buah dan sayuran dalam menu makanan sehari hari.


KomentarKomentar