Selasa, 12 Juni 2018

8 Tanda Kamu Melakukan Diet Yang Salah

Salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup efektif adalah dengan pengaturan diet. Namun, bila pengaturan diet yang dilakukan keliru, makan bukan hanya berat badan yang turun tetapi juga kondisi kesehatan secara keseluruhan. Kamu gak mau kan terlihat langsing tetapi kondisinya tidak sehat?

Kesalahan utama pengaturan diet yang kerap dilakukan adalah meniadakan asupan beberapa zat gizi penting seperti karbohidrat atau lemak, padahal kekurangan kedua zat gizi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Meskipun karbohidrat dan lemak kerap dianggap sebagai biang kerok kenaikan berat badan, tetapi kedua zat gizi ini juga dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi optimal.

Lalu, apa saja tanda yang terlihat saat diet yang kamu lakukan itu keliru? Berikut 8 diantaranya:

1. Kamu terus terusan diare

Adalah wajar seseorang mengalami diare saat perubahan pola makan. Diare yang terjadi bisa sementara atau menetap dalam beberapa minggu. Diare ini disebabkan karena asupan serat yang terlalu cepat atau konsumsi pemanis buatan. Bila pengaturan diet menyebabkan diare, coba pikirkan lagi pengaturan dietnya, bila perlu berkonsultasilah ke dokter.

2. Kamu kerap merasa lelah

Kalori dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga, bila diet menyebabkan asupan kalori menurun maka tubuh akan kekurangan sumber tenaga. Itu sebabnya orang yang melakukan diet yang super ketat akan merasa lemas dan cepat lelah. Meniadakan asupan makanan dari hewan juga berisiko menyebabkan anema, salah satu gejala utama anemia adalah lesu dan cepat lelah.

3. Keinginan berlebihan mengonsumsi makanan tertentu

Keinginan berlebihan mengonsumsi makanan tertentu atau kerap disebut dengan ngidam disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Misalnya, ngidam cokelat menandakan tubuh sedang kekurangan magnesium. Kekurangan zat gizi seperti karbohidrat, lemak dan protein juga bisa memberikan gejala seperti orang ngidam.

4. Kamu sering sakit

Kekurang zat gizi saat diet ketat bisa menimbulkan masalah bagi sistem kekebalan tubuh. Keluhan penyakit yang kerap dialami oleh mereka yang dietnya keliru adalah sakit kepala, nyeri tenggorokan dan masalah pencernaan.

5. Kamu kerap kedinginan

Kerap merasa kedinginan kemungkinan disebabkan karena kekurangan zat yodium. Pengaturan diet yang terlalu ketat berisiko menyebabkan seseorang kekurangan zat yodium padahal zat ini penting untuk pengaturan hormon tiroid.

6. Kamu mudah tersinggung

Mudah tersinggung tidak hanya bisa disebabkan oleh stress dan kurang tidur, tetapi juga karena pengaturan diet yang salah. Menurut studi, kekurangan vitamin B6 menyebabkan seseorang menjadi mudah tersinggung.

7. Kamu cepat menua

Pengaturan diet yang menyebabkan seseorang kekurangan antioksidan, vitamin A, C, D dan E berisiko mempercepat proses penuaan. Memang efek penuaan ini tidak terasa secara instan tetapi perlahan lahan kulit mulai cepat mengeriput.

8. Kulit kering dan gatal

Kekurangan lemak menyebabkan kulit kering dan gatal. Kekurangan lemak juga menyebabkan terganggunya penyerapan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit.

Nah, jika kamu mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di atas, segera pertimbangan kembali pengaturan dietmu, mungkin ada yang salah di sana.


KomentarKomentar