Sabtu, 16 Juni 2018

8 Bukti Pentingnya Tidur Siang Bagi Kesehatan

Berdasarkan kebiasaan tidur siang, ada dua tipe manusia, yakni manusia yang biasa tidur siang dan manusia yang tidak biasa tidur siang. Kamu termasuk yang mana?

Jangan takut dikatakan malas jika kamu termasuk orang yang biasa tidur siang. Sadar atau tidak, tidur siang ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Gak percaya? Berikut saya tulis 8 bukti pentingnya tidur siang bagi kesehatan.

1. Tidur siang membuat kamu lebih produktif

Kebanyakan manusia akan mengantuk setelah makan siang. Mengapa bisa begitu? Mengantuknya kita di siang hari karena pengaruh dari irama sirkadian alami tubuh. Biasanya agar tetap terjaga, orang orang akan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat itu bukan kopi, melainkan tidur siang selama sekitar 20 menit.

Jika kamu termasuk orang yang bekerja menggunakan pikiran, tidur siang akan memperlambat proses kelelahan mental yang kamu rasakan. Artinya, saat tidur siang, otak diberi kesempatan memproses dan menyimpan informasi yang kamu dapatkan saat terjaga sehingga informasi yang tersimpan menjadi lebih banyak.

Tidur siang di sela sela pekerjaan berat akan menghapus kelelahan mental sehingga kamu siap menghadapi tantangan baru di hari itu. Kesiapan ini tidak akan kamu dapatkan dalam kondisi mata mengantuk.

2. Ucapkan selamat tinggal untuk kesalahan yang tidak perlu

Ilmuwan NASA menemukan, tidur siang selama 26 menit dapat meningkatkan performa pilot sampai dengan 34%. Lalu bagaimana dengan tingkat kewaspadaan? Ternyata tingkat kewaspadaan pilot juga meningkat sampai 54%.

Apa artinya? Tidur siang dapat membantumu mengurangi kesalahan yang terjadi saat mata mengantuk dan kurang awas meskipun malam sebelumnya kamu begadang.

3. Daya ingatmu akan meningkat

Pada sebuah studi, orang yang tidur siang selama 45 menit memiliki kemampuan mengingat kata lima kali lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang tidak tidur siang.

Otak memerlukan waktu untuk mencerna dan memproses informasi dan waktu yang tepat untuk itu adalah saat kita tidur.

Selain meningkatkan kemampuan mengingat, tidur siang juga membantu proses pembelajaran. Apa artinya? Tidur siang tentu saja akan membuat kamu lebih pintar.

4. Kamu akan jarang stress

Tidur siang akan menurutkan kadar stressmu baik stress fisik maupun stress mental. Pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, orang yang rutin tidur siang memiliki kadar norepineprin yang lebih stabil di dalam otaknya bila dibandingkan dengan orang yang tidak tidur siang.

Sebagaimana diketahui, norepineprine adalah zat yang diproduksi tubuh saat dalam posisi melawan tantangan atau dalam kondisi stress. Tanda peningkatan kadar norepineprine adalah peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah dan kadar gula darah.

5. Kamu akan lebih kreatif

Tidur siang yang cukup nyenyak membuat otak kiri (berperanan dalam logika) beristirahat sementara otak kanan (berperanan dalam kreatifitas) bekerja menjalin komunikasi. Jadi, jika kamu ingin membangkitkan pikiran kreatif, cobalah untuk tidur siang.

6. Kamu gak akan mengalami gagal diet

Sudah sering saya bahas bahwa kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Nah, salah satu cara mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat tersebut adalah dengan tidur siang. Yap, daripada kamu habiskan waktu di siang hari dengan ngemil, lebih baik kamu tidur siang saja.

7. Meningkatkan kemampuan belajar

Inilah mengapa tidur siang itu sangat penting bagi pelajar. Tidur siang dapat membersihkan informasi yang tidak penting di otak sehingga informasi baru yang lebih penting bisa masuk.

Otak memiliki kemampuan terbatas dalam memproses informasi dan cara paling tepat menolong otak menyimpan informasi baru adalah dengan tidur siang.

8 Kamu akan merasa lebih bahagia

Tidur siang akan sangat signifikan pengaruhnya bagi mood-mu. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari University Hertfordshire menyimpulkan, dua per tiga dari sukarelawan studi mengaku lebih bahagia saat mereka diberi kesempatan tidur siang selama 30 menit.

Berapa lama kita sebaiknya tidur siang?

Lamanya tidur siang tergantung dari kebutuhanmu. Namun, usahakanlah tidur siang antara 10 menit sampai dengan 1 jam agar manfaatnya bisa dirasakan.


KomentarKomentar