Minggu, 03 Juni 2018

10 Manfaat Menakjubkan Dari Mengonsumsi Makanan Pedas

Saat ini makanan pedas sedang trending dan memiliki penggemar fanatik yang tidak sedikit. Beberapa rumah makan kekinian bahkan memberikan level atau tingkat kepedasan tertentu pada menu makanan yang disajikan.

Lalu timbul pertanyaan, apa sih manfaatnya mengonsumsi makanan pedas? Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

1. Membantu melawan proses inflamasi

Makanan pedas yang mengandung rempah seperti kunyit, cengkih, cinnamon dan jahe sangat kaya dengan antioksidan. Sebagaimana diketahui, antioksidan pada rempah rempah yang kerap dijadikan bumbu masakan ini bermanfaat sebagai anti inflamasi.

2. Membantu memperpanjang umur

Bila kamu ingin hidup sampai 100 tahun, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan pedas sebab menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Harvard, rutin mengonsumsi makanan pedas setiap hari dapat menurunkan risiko kematian sampai 14%.

3. Menurunkan risiko kanker

Menurut beberapa studi, capsaicin yang terdapat di dalam cabe merah dapat membantu melawan sel sel kanker. Jenis kanker yang dapat dilawan antara lain pertumbuhan kanker prostat. Bila di dalam makanan tersebut juga terdapat kunyit maka jenis kanker yang bisa dilawan akan makin banyak. Jenis kanker tersebut antara lain kanker saluran pencernaan, kanker otak, kanker tulang dan kanker payudara.

4. Membantu mengendalikan nafsu makan

Makanan pedas yang mengandung cinnamon dapat membantu mengatur kadar gula darah sehingga nafsu makan yang berlebihan dapat ditekan. Beberapa jenis rempah yang dapat membantu mengatur kadar gula darah adalah basil, cengkih, lavender, oregano, lemon dan mint.

5. Membantu meningkatkan metabolisme

Semakin meningkatnya usia, metabolisme tubuh akan semakin menurun. Makanan pedas dapat membantu meningkatkan kembali metabolisme yang menurun tersebut. Peningkatan metabolime akan semakin maksimal saat konsumsi makanan pedas juga diimbangi dengan olahraga yang rutin.

6. Membantu penyerapan zat gizi

Beberapa jenis rempah dapat membantu penyerapan zat makanan di dalam rongga usus. Salah satu contohnya adalah merica hitam, rempah pedas ini membantu penyerapan curcumin dan obat obatan di dalam usus.

7. Membantu meredakan rasa sakit

Capcaicin yang terdapat dalam cabe merah kerap digunakan sebagai zat tambahan pada krim anti nyeri. Menambahkan cabe merah pada makanan dapat membantu meredakan nyeri otot dan persendian.

8. Mencegah infeksi bakteri

Turmeric dan cumin yang terdapat dalam kunyit dapat membantu melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa studi menyimpulkan, konsumsi makanan pedas dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini diduga karena adanya kandungan capsaicinoids pada cabe merah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol plasma.

10 Membantu meredakan stress

Makanan pedas dapat meningkatkan pelepasan endorpin dan dopamine pada otak yang dapat memperbaiki mood, meredakan stress dan memberikan rasa nyaman.


KomentarKomentar