Senin, 21 Mei 2018

9 Pencetus Migren Yang Jarang Disadari

Migren adalah salah satu jenis sakit kepala yang menjengkelkan. Mengapa menjengkelkan? Karena munculnya kerap di saat yang tidak tepat dan bila migren menyerang, aktivitas pekerjaan menjadi terganggu.

Penyebab pasti migren sampai saat ini masih belum jelas, tetapi ada beberapa faktor yang bisa menjadi pencetus munculnya migren. Faktor pencetus ini penting untuk diketahui agar bisa dihindari sehingga migren tidak muncul. Ada beberapa pencetus migren yang umum dialami seseorang, seperti sinar yang menyilaukan, kurang tidur, kafein dan cokelat.

Nah, masalahnya tidak semua orang mengetahui faktor pencetus yang menyebabkan dia migren. Mengapa demikian? Karena masih banyak faktor pencetus migren yang tidak disadari atau tidak umum dialami orang. Pada tulisan kali ini, saya membuat daftar 9 pencetus migren yang jarang disadari orang, kesembilan pencetus migren itu antara lain:

1. Tidur yang berlebihan

Kurang tidur memang dari dulu diyakini sebagai pencetus migren. Tapi, tahukah kamu? Kelebihan tidur juga bisa menjadi pencetus migren pada sebagian orang.

2. Peralatan elektronik

Di dunia yang serba canggih ini, setiap orang sepertinya tidak bisa lepas dari perangkah elektronik seperti smartphone, laptop, tablet dan lain lain. Tapi, tahukah kamu? Sinar biru yang dilepaskan oleh perangkat elektronik itu merupakan salah satu pencetus migren pada sebagian orang.

3. Pola

Yang dimaksud pola disini adalah corak dari pakaian, sofa, selimut, tirai yang ada di sekitar kita. Pola pola ini pada sebagian orang dapat mencetuskan terjadinya migren.

4. Respon stress yang terlambat

Adalah normal seseorang mengalami migren saat stress, tetapi pada sebagian orang, migren justru muncul saat stress sudah lewat. Migren muncul saat seseorang telah santai dari suasana stress sebelumnya.

5. Perubahan suhu lingkungan yang tiba tiba

Pada beberapa orang, perubahan suhu lingkungan atau tekanan udara yang terjadi tiba tiba dapat mencetuskan terjadinya migren atau sakit kepala.

6. Beberapa zat tambahan pada makanan

Beberapa penyedap makanan atau zat tambahan yang terdapat pada makanan dapat mencetuskan terjadinya migren. Dua zat pada makanan yang kerap mencetuskan migren adalah tiramine dan phenylethylamine. Sedangkan zat tambahan pada makanan yang dapat mencetuskan migren salah satunya adalah MSG.

7. Sleep apnea

Pada sebagian orang, gangguan tidur sleep apnea dapat mencetuskan migren.

8. Beberapa jenis obat

Beberapa jenis obat yang dapat mencetuskan antara lain pil KB dan antidepresi.

9. Hubungan badan

Beberapa aktivitas fisik yang berat seperti hubungan badan dapat mencetuskan migren. Sakit kepala migren biasanya muncul sebelum atau setelah mencapai puncak kenikmatan.


KomentarKomentar