Rabu, 18 April 2018

4 Jenis Makanan Yang Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Faktor faktor tersebut antara lain, kurang tidur, genetik, kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup, usia dan lingkungan. Untungnya, dengan pengaturan pola makan yang baik, kesehatan otak bisa tetap terjaga sehingga pengaruh faktor faktor yang bisa menyebabkan mudah lupa dapat ditekan.

Makanan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan fungsi memori otak dengan cara memperbaiki aliran darah ke otak sehingga otak bisa berfungsi dengan baik. Salah satu pola makan yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak adalah diet mediteranean. Program diet ini dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif, memori dan kewaspadaan pada otak yang semakin tua.

Meskipun demikan, diet mediteranean bukan satu satunya pola makan yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Ada beberapa jenis makanan yang juga bisa membantu mempethankan fungsi memori otak. Jenis jenis makanan tersebut antara lain:

Sayuran

Suka atau tidak, cobalah untuk lebih rutin mengonsumsi sayuran. Faktanya, beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kubis dan sayuran berdaun hijau gelap dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat. Selain menyehatkan otak, tubuh juga bisa mendapatkan manfaat lain dari sayuran sebagai sumber vitamin dan antioksidan.

Berri dan cerri

Buah berri dan cerri khususnya yang berwarna gelap seperti blackberri, blueberri dan cerri sangat kaya dengan anthocyanins dan flavonoid lain yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Jadikan buah buahan ini sebagai tambahan saat mengonsumsi sereal di pagi hari.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan otak. Beberapa jenis makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3 antara lain, ikan, rumput laut dan makanan laut lainnya. Selain dari ikan dan makanan laut, asam lemak omega 3 juga bisa didapatkan dari suplemen minyak ikan yang banyak dijual bebas.

Walnut

Walnut memang jarang kita temui di Indonesia, tetapi kacang jenis ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif. Bila ingin daya ingat terjaga, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi walnut.

Jenis jenis makanan di atas, selain menyehatkan otak juga bagus untuk jantung dan tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk rutin mengonsumsinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


KomentarKomentar