Jumat, 27 April 2018

10 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia, dengan mata yang sehat, kita bisa melihat dan menikmati indahnya dunia ini. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan sehari hari membutuhkan kondisi mata yang prima. Itu sebabnya mata menjadi indera utama yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Bagaimana jika mata yang sangat kita butuhkan itu tiba tiba sakit? Tentu saja kondisi ini akan menghambat aktivitas yang kita lakukan. Mata yang tidak sehat juga akan menganggu penampilan seseorang. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan mata dengan sebaik baiknya.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan mata. Berikut saya rangkum beberapa nutrisi penting yang sangat penting untuk kesehatan mata:

1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 terdiri dari docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Menurut studi, asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada lemak ikan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan makula pada retina mata. Sebagaimana diketahui, makula merupakan bagian retina mata yang berfungsi untuk menangkap sinar yang masuk ke dalam mata sehingga kita bisa melihat suatu bayangan.

2. Lutein and Zeaxanthin

Zat ini banyak terdapat pada sayuran seperti bayam. Kandungan antioksidannya bermanfaat untuk melindungi sel retina dari kerusakan.

3. Vitamin A 

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Sumber utama vitamin A adalah dari makanan yang berasal dari hewan. Itu sebabnya para vegetarian perlu mendapatkan tambahan suplemen vitamin A untuk menjaga kadar vitamin A dalam tubuh agar tetap dalam kondisi normal.

4. Vitamin D

Seperti halnya asam lemak omega 3, vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan makula mata. Kita yang berada di daerah tropis sepertinya tidak perlu khawatir kekurangan vitamin D. Namun, harap berhati hati, sinar matahari langsung juga tidak baik bagi kesehatan mata.

5. Teh hijau

Teh hijau kaya dengan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel sel retina mata dari kerusakan.

6. Astaxanthin

Astaxanthin adalah antioksidan kuat yang dapat menembus barrier pembuluh darah otak dan melindungi makula mata dari kerusakan akibar radikal bebas.

7. Vitamin C 

Konsentrasi vitamin C pada cairan mata jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan konsentrasi vitamin C pada darah. Artinya, vitamin C pada tubuh sebagian besar disimpan di dalam mata. Vitamin C pada mata bermanfaat untuk mencegah pengkristalan pada lensa mata yang menyebabkan katarak. Vitamin C juga dapat menurunkan tekanan bola mata untuk mencegah terjadinya glaukoma.

8. Resveratrol

Resveratrol merupakan antioksidan yang terdapat pada anggur merah. Antioksidan ini penting untuk melindungi tubuh (termasuk mata) dari kerusakan akibat radikal bebas.

9. Melatonin

Selain bermanfaat bagi tubuh saat kita tidur, melatonin juga merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi mata dari kerusakan.

10. Zinc citrate

Zinc merupakan nutrisi penting untuk kesehatan retina mata. Zinc juga diperlukan dalam produksi enzim yang terlibat dalam penangkapan cahaya oleh sel retina.


KomentarKomentar