Senin, 26 Februari 2018

6 Langkah Sederhana Untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan

Tahukah kamu? Sistem pencernaan kita memiliki pengaruh yang sangat penting bagi otak dan kesehatan tubuh secara umum. Gangguan pada sistem pencernaan terbukti berhubungan dengan gangguan depresi, kegemukan, inflamasi dan lemahnya sistem pertahanan tubuh.

Seperti halnya upaya menurunkan berat badan, menyehatkan sistem pencernaan sangat berhubungan dengan kebiasaan yang kerap kita lakukan sehari hari. Kebiasaan yang baik dapat mendorong pertumbuhan bakeri baik pada saluran cerna, sedangkan kebiasan yang buruk dapat menyebabkan naiknya populasi bakteri jahat yang berujung pada peningkatan risiko berbagai macam penyakit.

Tidak ada keluhan pada sistem pencernaan belum tentu menggambarkan kondisi usus yang baik baik saja. Buruknya kesehatan usus tidak selalu menimbulkan keluhan pada usus, melainkan bisa menyebabkan gangguan pada organ lain. Salah satu contohnya adalah depresi dan kenaikan berat badan yang bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pencernaan.

Berita baiknya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyehatkan kembali sistem pencernaanmu yang selama ini terabaikan. Berikut 6 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyehatkan sistem pencernaan:

1. Berkeringat

Tahukah kamu? Bakteri pada usus sangat menyukai olahraga. Menurut sebuah studi, populasi bakteri baik pada usus orang yang senang olahraga jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang memiliki kebiasaan duduk berlama lama. Apapun jenis olahraganya, selama dilakukan secara rutin maka populasi bakteri baik pada usus akan meningkat.

2. Perbanyak makan serat

Selama ini kita mengetahui asupan serat dapat membantu menurunkan berat badan. Ternyata konsumsi serat juga dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Beberapa jenis bakteri baik suka mengonsumsi makanan berserat yang kita makan sehingga jumlah mereka juga akan meningkat pesat.

3. Kurangi gula

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang diet mengurangi konsumsi gula. Konsumsi gula yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan secara umum. Gula yang kita konsumsi sangat disukai oleh bakteri jahat usus sehingga populasinya meningkat pesat. Selain buruk bagi sistem pencernaan, konsumsi gula juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

4. Minum probiotik

Konsumsi probiotik memiliki peranan penting untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan. Menurut studi, konsumsi probiotik juga dapat membuat tingkat emosi menjadi lebih baik. Minum probiotik secara rutin selama 4 minggu dapat menurunkan tingkat kesedihan seseorang.

5. Kurangi stress

Menurut studi, stress memberi imbas yang sangat negatif bagi keseimbangan bakteri yang ada pada usus. Mengatasi stress memang membutuhkan waktu, tetapi meditasi atau berjalan kaki yang dilakukan beberapa menit sudah mampu membuatmu lebih baik.

6. Jadi vegetarian

Menurut studi, diet vegetarian dapat membantu memperbaiki keseimbangan bakteri yang ada pada usus. Perbaikan yang terjadi hanya membutuhkan waktu 4 hari setelah seseorang beralih makanan dari makanan berdaging ke makanan yang tanpa daging.


KomentarKomentar