Senin, 19 Februari 2018

6 Hal Yang Dapat Merusak Kandungan Kolagen Pada Kulit

Memiliki kulit yang mulus dan kencang adalah idaman setiap wanita. Kulit yang kencang dan mulus tentu saja berhubungan dengan penampilan yang senantiasa tampa awet muda. Berbagai upaya dilakukan oleh seorang wanita untuk menjaga penampilan kulitnya termasuk pergi ke salon salon kecantikan.

Salah satu protein yang berperanan dalam menjaga elastisitas kulit adalah kolagen. Protein yang secara alami terdapat pada lapisan bagian bawah kulit ini membuat kulit tampak kencang dan cepat kembali ke posisi semula ketika dicubit atau ditekuk.

Masalah timbul bila kolagen yang terdapat pada kulit mengalami kerusakan atau kandungannya di bawah normal. Berkurangnya kandungan kolagen menyebabkan kulit kehilangan kelenturannya. Kulit menjadi keriput dan tampak lebih tua dari seharusnya.

Ada beberapa hal dan kebiasaan buruk yang dapat merusak kolagen pada kulit, berikut beberapa diantaranya:

Merokok

Kandungan zat kimia berbahaya yang terdapat pada rokok selain berisiko menyebabkan kanker juga merusak kandungan kolagen pada kulit. Itu sebabnya wajah dan kulit perokok akan tampak lebih tua daripada seharusnya.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak bagus untuk kulit termasuk dapat merusak kandungan kolagen pada kulit. Biasakan menggunakan pelindung kulit setiap berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Konsumsi gula

Konsumsi gula secara berlebihan membuat penampilanmu tampak lebih tua karena metabolisme gula di dalam tubuh akan memecah kolagen.

Stress dan inflamasi

Stress dan proses inflamasi dapat mempercepat pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Aktivitas radikal bebas ini menyebabkan gangguan produksi kolagen.

Masalah thyroid

Produksi kolagen akan mengalami gangguan bila kelenjar thyroid tidak berfungsi dengan baik.

Usia

Produksi kolagen akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan pada usia 80an tahun, kandungan kolagen pada tubuhmu akan berkurang sebanyak empat kali lipat bila dibandingkan dengan saat kamu berusia 20an tahun.

Selain 6 hal di atas, ada beberapa hal lain yang dapat menganggu produksi kolagen, diantaranya mengonsumsi makanan olahan jadi yang berlebihan, bekerja secara berlebihan, paparan radiasi, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, dehidrasi dan kekurangan zat gizi tertentu.


KomentarKomentar