Jumat, 02 Februari 2018

5 Tips Jitu Mencegah Flu

Pada kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, penyakit musiman seperti flu sedang merajalela. Meskipun penyakit ini relatif ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya, flu tidak bisa juga diabaikan karena bisa menganggu aktivitas sehari hari.

Flu sangat mudah menular. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini dapat berpindah dari satu orang ke orang lain hanya dengan perantaraan percikan ludah. Jadi, kamu bisa tertular flu saat berbicara dengan penderita flu hanya karena tanpa sengaja menghirup udara yang mengandung percikan ludah penderita flu.

Agar terhindar dari penyakit yang menjengkelkan ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Vaksinasi flu

Dibalik berbagai alasan penolakannya, sampai saat ini, vaksinasi flu masih menjadi andalan untuk mencegah flu. Sayangnya di Indonesia, vaksin flu tidak termasuk ke dalam vaksinasi program pemerintah sehingga harus dibeli dengan harga mahal. Berbeda halnya dengan di luar negeri terutama di negara negara yang memiliki empat musim, vaksin flu menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan.

Meskipun tergolong efektif untuk mencegah flu, vaksin flu bukan tanpa kelemahan. Durasi kekebalan yang pendek (harus diulang dalam beberapa bulan) dan banyaknya jenis virus flu menjadi salah satu penyebab keengganan seseorang untuk divaksin. Banyaknya jenis virus flu menyebabkan seseorang yang telah divaksin flu tetap bisa terkena flu dari jenis virus yang berbeda.

2. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun

Dalam keseharian tangan kita tidak akan pernah luput dari memegang sesuatu. Apalagi saat kita berada di tengah keramaian, tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering kita gunakan untuk menyentuh sesuatu. Sayangnya, benda benda yang kita sentuh menggunakan tangan tidak selalu bersih dan kadang terkontaminasi virus flu.

Untuk mencegah virus flu masuk ke dalam tubuh, rajin rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun. Bila berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, selalulah membawa hand sanitizer sehingga tangan kita bisa tetap bebas kuman saat berada di lingkungan yang tidak sehat.

3. Kurangi menyentuh bagian wajah dengan tangan

Berapa kali kamu menyentuh wajahmu dengan tangan dalam sehari? Tahukah kamu, daerah wajah merupakan pintu masuk virus flu yang paling utama? Untuk itu, usahakan untuk lebih jarang menyentuh wajah menggunakan tangan, apalagi sebelumnya tanganmu telah bersentuhan dengan sesuatu yang kotor.

Bagian wajah yang paling favorit sebagai tempat masuknya virus flu adalah mata. Kebiasaan menyentuh mata merupakan salah satu penyebab seseorang tertular virus flu. Pintu masuk lainnya adalah hidung dan mulut.

4. Pakailah masker wajah saat berada di sekitar orang sakit

Meskipun terasa tidak nyaman dan terlihat kurang sopan, tidak ada salahnya kamu memakai masker wajah saat berada di sekitar orang sakit. Masker wajah cukup efektif untuk mengurangi masuknya virus flu ke dalam tubuh. Efektivitas masker wajah ini akan makin meningkat bila masker wajah yang digunakan adalah yang khusus untuk virus.

5. Jangan berkunjung ke rumah sakit atau klinik kalau tidak penting sekali

Rumah sakit atau klinik adalah tempatnya orang sakit. Di dalamnya terdapat banyak pasien dengan berbagai jenis penyakit termasuk flu. Kamu bisa dengan mudah terpapar virus flu saat berkunjung ke rumah sakit, apalagi saat itu kondisi fisik sedang tidak fit dan kamu mengabaikan langkah langkah untuk melindungi diri dari virus flu.

Jadi, agar kamu terhindar dari penyakit flu, usahakan untuk tidak berkunjung ke rumah sakit atau klinik.


KomentarKomentar