Jumat, 26 Januari 2018

Ketiakmu Gatal? Mungkin Disebabkan Oleh Hal Ini

Ketiak berkeringat adalah sesuatu yang biasa. Lalu bagaimana dengan gatal pada ketiak? Gatal bisa terjadi pada setiap bagian tubuh yang tertutup oleh kulit termasuk ketiak. Bila gatal menyerang, yang paling enak dilakukan tentu saja menggaruk. Namun, sebelum keasyikan menggaruk, ada baiknya kita ketahui dulu, apa apa saja yang bisa menyebabkan ketiak gatal.

Iritasi pada kulit ketiak

Untuk mengurangi bau badan, kita kerap menggunakan deodoran atau parfum yang disemprotkan pada ketiak. Sayangnya pada beberapa orang, zat kimia yang terkandung dalam deodoran atau parfum dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Iritasi juga bisa disebabkan karena adanya luka kecil yang terjadi saat mencukur rambut ketiak. Luka luka kecil ini bila terpapar oleh zat kimia yang terdapat pada sabun atau parfum, dapat menyebabkan terjadinya reaksi radang yang menyebabkan gatal.

Bila gatal disebabkan oleh iritasi, segera hentikan penggunaan bahan bahan yang menyebabkan iritasi tersebut lalu olesi daerah kulit yang iritasi dengan krim hidrokortisone 1 persen. Bila setelah diolesi krim, keluhan tetap terjadi, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Infeksi 

Salah satu penyebab infeksi yang paling sering menimbulkan keluhan gatal adalah infeksi jamur. Selain gatal, infeksi jamur juga menimbulkan bercak bercak kemerahan pada ketiak yang lama lama menyebabkan ketiak menjadi cokelat kehitaman.

Untuk mengatasi infeksi jamur, kamu bisa mengolesi ketiak yang terinfeksi jamur dengan krim antijamur yang dijual bebas di apotek. Bila keluhan tidak berkurang atau bertambah banyak, segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan bila diperlukan bisa diberikan obat antijamur yang diminum.

Keringat berlebihan

Keringat berlebihan menyebabkan kelembaban pada ketiak meningkat, bila ketiak yang tadinya berkeringat/lembab mengering dengan cepat maka kulit pada ketiak menjadi kering dan mudah iritasi.

Untuk mencegah munculnya keringat berlebihan, kamu bisa menggunakan antiprespiran sehingga ketiak bisa tetap kering meskipun kamu sedang beraktivitas yang berat dalam cuaca yang panas.


KomentarKomentar