Senin, 08 Januari 2018

12 Gejala Yang Bisa Kamu Alami Saat Kadar Gula Darah Turun

Mungkin kamu pernah mendengar kata hipoglikemia, yap, itu adalah istilah kedokteran untuk rendahnya kadar gula darah. Namun, mungkin sedikit diantara kamu yang paham tentang gejala yang bisa dialami seseorang saat kadar gula darahnya turun.

Apa itu hipoglikemia?

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah adalah suatu kondisi yang terjadi saat kadar gula darah seseorang turun di bawah normal. Turunnya kadar gula darah ini tentu saja akan berimbas terhadap berbagai fungsi penting dari tubuh manusia. Sebagaimana diketahui, tubuh membutuhkan gula sebagai bahan bakar sehingga tubuh berusaha mempertahankan kadar gula darah tetap optimal agar tubuh bisa berfungsi secara normal.

Hipoglikemia kerap dialami oleh penderita diabetes yang sedang mengonsumsi obat obatan anti diabetes. Gangguan lain yang bisa menyebabkan hipoglikemia diantaranya pada orang yang kekurangan hormon tertentu, penderita penyakit liver, penyakit ginjal, tumor pankreas dan lain lain. Hipoglikemia juga bisa dialami oleh orang sehat yang sedang berpuasa.

Penurunan kadar gula darah merupakan kondisi serius yang perlu penanganan segera. Ada beberapa gejala penurunan kadar gula darah yang bisa dipakai pedoman sebelum menghubungi tempat pelayanan kesehatan terdekat. Gejala tersebut diantaranya:

  1. Merasa lemah dan gemetaran.
  2. Lesu.
  3. Pusing.
  4. Gelisah.
  5. Mudah marah.
  6. Sakit kepala.
  7. Keringat dingin.
  8. Bicara kacau.
  9. Mata kabur.
  10. Pingsan.
  11. Kejang.
  12. Koma.
Untuk gejala nomor 1 sampai 7 merupakan gejala hipoglikemia ringan yang bisa diatasi di rumah, tetapi untuk gejala nomor 8 sampai 12 adalah gejala hipoglikemia berat yang harus mendapatkan penanganan segera di rumah sakit.

Lalu bagaimana mengatasi hipoglikemia?

Untuk langkah awal mengatasi hipoglikemia saat pasien masih sadar adalah dengan segera minum air gula atau makanan yang manis. Pasien juga bisa diminta untuk menghisap permen. Bila kondisi pasien tidak sadar maka sebaiknya segera dibawa ke tempat tempat pelayanan kesehatan terdekat.


KomentarKomentar