Selasa, 26 Desember 2017

Orang Gemuk Ternyata Lebih Bahagia Daripada Orang Kurus, Ini Alasannya

Bila selama ini kita menganggap bahwa kegemukan itu adalah suatu musibah dalam penampilan yang berujung pada ketidakbahagiaan maka anggapan bisa saja salah. Menurut studi terbaru, orang yang memiliki berat badan berlebihan atau gemuk ternyata rata rata lebih bahagia bila dibandingkan dengan orang yang badannya kurus.

Meskipun kegemukan berhubungan erat dengan berbagai macam risiko kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan lain lain, ternyata orang yang gemuk justru merasakan kehidupan yang lebih bahagia.

Studi yang dipublikasikan dalam the International Journal of Epidemiology, ini diprakarsai dan dilaksanakan oleh sekelompok ahli dari Universitas Bristol, Inggris.

Data studi sendiri diambil dari data UK Biobank yang berisikan database genetik dari 500.000 pria dan wanita Inggris yang berusia antara 37 sampai 73 tahun. Setelah dilakukan analisa data, para peneliti akhirnya bisa menarik beberapa kesimpulan tentang hubungan antara indek massa tubuh seseorang dengan status kesehatannya secara umum.

Kesimpulan yang diperoleh antara lain, mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang tinggi, lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi, diabetes dan pubertas dini. Namun, mereka ini memiliki pikiran yang lebih tenang.

Para ahli juga menemukan sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui, misalnya, mereka yang secara genetik memiliki indeks massa tubuh yang tinggi, lebih jarang menganggap dirinya sebagai pribadi yang gugup.

Menurut peneliti, pola mental yang lebih baik pada mereka yang gemuk kemungkinan disebabkan oleh kecukupan gizi yang lebih baik sehingga tubuh mereka lebih mampu untuk mengendalikan emosi.

Bagaimana dengan kamu? Apakah saat ini kamu gemuk dan bahagia?


KomentarKomentar