Jumat, 29 Desember 2017

Jatuh Cinta Cenderung Membuat Kamu Kurang Produktif

Apakah kamu pernah merasakan jatuh cinta? Bagaimana rasanya? Tentu kamu akan menjawab dunia terasa begitu indah dan seakan akan menjadi milik kalian berdua. Apapun yang kamu kerjakan akan selalu terbayang wajahnya. Ujung ujungnya kamu akan banyak melamun dan kurang produktif.

Nah, ternyata cerita di atas juga diamini oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam journal Motivation and Emotion. Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Leiden dan Universitas Maryland, jatuh cinta cenderung akan menganggu kemampuan seseorang untuk fokus dan berkonsentrasi saat melakukan sesuatu pekerjaan.

Studi ini melibatkan 43 pasangan yang baru jatuh cinta (hubungan percintaan yang kurang dari 6 bulan). Mereka kemudian diminta untuk melakukan tugas tertentu, termasuk membedakan antara informasi yang relevan dan tidak relevan.

Hasilnya, mereka yang sedang kasmaran cenderung mengalami penurunan kemampuan untuk mengendalikan fungsi kognitif. Artinya, mereka lebih banyak memikirkan orang yang dicintainya dibandingkan dengan pekerjaan yang ada di depan mata.

Menurut para peneliti, penomena ini terjadi akibat dari keterbatasan otak dalam mengerjakan sesuatu saat pengaruh cinta begitu besar merasuk. Otak lebih banyak memikirkan tentang cinta dan kurang fokus terhadap hal hal lainnya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah saat ini kamu sedang jatuh cinta?

1 komentar selama ini


KomentarKomentar