Jumat, 22 Desember 2017

Benarkah Makan Ikan Bikin Anak Pintar?

Selama ini kita kerap mendengar ungkapan bahwa ikan merupakan makanan buat otak dan gemar makan ikan membuat otak makin cemerlang. Tampaknya ungkapan itu memang benar adanya dan studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports pun mengamininya.

Dalam studi tersebut disimpulkan, anak anak yang makan ikan sedikitnya satu porsi setiap minggu memiliki nilai IQ, lima poin lebih tinggi bila dibandingkan dengan anak anak yang jarang makan ikan. Mereka yang gemar makan ikan juga memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Meskipun studi ini dilakukan pada anak anak Tiongkok, anak anak dari negara lain pun akan mendapatkan manfaat yang sama saat mengonsumsi ikan secara rutin.

Para peneliti berharap hasil studi ini bisa dijadikan pegangan dalam rangka meningkatkan asupan gizi yang berkualitas pada anak anak. Para orang tua diharapkan untuk selalu menyediakan ikan pada menu makanan anak anak mereka setiap hari agar anak anak tetap sehat dan memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Walaupun studi ini tidak bisa membuktikan bahwa makan ikan dapat meningkatkan IQ, namun hubungan antara kegemaran makan ikan dan peningkatan nilai IQ sangat signifikan. Menurut para peneliti, hubungan ini kemungkinan dipengaruhi oleh kadar asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan.

Studi ini sendiri melibatkan lebih dari 500 anak anak Tiongkok yang berusia antara 9 sampai 11 tahun. Mereka diminta untuk menjawab daftar pertanyaan yang berhubungan frekuensi makan ikan setiap hari.

Anak anak itu kemudian dinilai tingkat IQ-nya baik secara verbal maupun non verbal menggunakan the Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised.

Untuk para orang tua diberikan pertanyaan tentang kualitas tidur anak anak mereka. Kualitas tidur itu meliputi lamanya mereka tidur, seberapa sering mereka terjaga saat tidur dan apakah mereka tampak mengantuk di siang hari.

Hasilnya, anak anak yang makan ikan sedikitnya satu porsi setiap minggu memiliki nilai IQ, 5 poin lebih tinggi bila dibandingkan dengan anak anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan. Mereka yang gemar makan ikan juga memiliki kualitas tidur yang lebih baik.


KomentarKomentar