Rabu, 27 Desember 2017

7 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Akhir tahun adalah saatnya liburan dan tentu saja salah satu aktivitas yang dinanti saat liburan adalah makan makan bersama teman atau kerabat. Pergi ke suatu tempat rasanya tidak pas kalau belum mencicipi masakan yang menjadi ciri khas tempat tersebut.

Masalah timbul bila saat akan menikmati hidangan khas suatu daerah, perut ternyata sedang tidak bersahabat. Salah satu masalah pada perut yang kerap muncul saat liburan ke tempat yang jauh adalah perut berisi gas atau kembung. Saat kembung, perut seakan akan menolak setiap makanan yang masuk sehingga kenyamanan berlibur menjadi terganggu.

Perut kembung sendiri terjadi karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna sehingga menyisakan gas yang berlebihan pada saluran pencernaan. Selain itu, bakteri yang ada di dalam usus juga ikut memperparah produksi gas di dalam usus saat mereka berusaha mencerna gula yang kita makan. Gas berlebihan di dalam usus juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan, seperti sayuran kol atau kubis.

Memang sih saat ini telah tersedia berbagai macam obat untuk mengatasi perut kembung, tapi alangkah baiknya bila kita bisa mengatasinya dengan cara cara alami. Berikut 7 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung.

1. Minum air pelan pelan

Minum air pelan pelan dapat membantu mendorong makanan yang ada di saluran pencernaan sehingga produksi gas menjadi berkurang. Minum air pelan pelan juga mencegah agar usus tidak berkonstraksi dengan cepat dan kuat.

2. Kurangi menelan udara

Menyedot minuman menggunakan pipet, minum minuman bersoda dan mengunyah permen karet adalah aktivitas yang dapat memasukan gas ke dalam usus. Bila kamu kerap mengalami perut kembung, sebaiknya kurangi aktivitas tersebut. Cara lain untuk mengurangi masuknya udara ke dalam saluran cerna adalah, hindari makan sambil bicara, duduklah saat makan dan tutuplah mulut saat mengunyah makanan.

3. Berdiri dan berjalan

Saat perut kembung memang rasanya malas untuk berdiri apalagi berjalan, namun aktivitas tersebut dapat membantu mengeluarkan gas yang ada di dalam saluran cerna. Bila perutmu kembung, cobalah untuk berjalan cepat agar gas yang ada di dalam usus segera keluar.

4. Kurangi minum susu

Salah satu gejala dari intoleransi laktosa adalah perut kembung. Namun, meskipun kamu tidak menderita intoteleransi laktosa, ada baiknya kamu mengurangi konsumsi susu bila kerap mengalami perut kembung.

5. Minum teh peppermint

Peppermint membantu meredakan perut kembung dengan cara melemaskan otot otot saluran pencernaan sehingga gas yang terperangkap di dalam usus bisa keluar. Peppermint memiliki efek spasmolitik, artinya peppermint bisa membantu meredakan rasa sakit pada perut saat kembung.

6. Kompres hangat

Kompres hangat pada perut memiliki efek antispasmodik, artinya kompres hangat dapat membantu merelaksasi usus sehingga tidak bergerak berlebihan.

7. Perbanyak konsumsi serat

Serat dapat memenuhi rongga usus sehingga tidak ada ruang untuk akumulasi gas. Serat juga membuat pergerakan usus menjadi lebih teratur sehingga buang air besar menjadi teratur dan lancar.


KomentarKomentar