Minggu, 31 Desember 2017

5 Manfaat Mengerjakan Teka Teki Silang Bagi Kesehatan

Mengerjakan teka teki silang merupakan salah satu aktivitas yang kerap dilakukan seseorang untuk sekedar mengisi waktu luang. Meskipun saat ini orang yang mengerjakan teka teki silang mulai jarang kita temui, ternyata aktivitas ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengerjakan teka teki silang:

1. Memperbaiki mood

Menyelesaikan semua pertanyaan yang ada pada teka teki silang akan memberikan kepuasan tersendiri bagi yang mengerjakan. Kepuasan ini terjadi karena saat menyelesaikan semua pertanyaan teka teki silang, otak dibanjiri oleh dopamine, neurotransmitter saraf yang memberikan sensasi rasa puas dan senang. Dopamine juga banyak keluar saat kita berhasil menyelesaikan suatu tugas dengan baik.

Sayangnya kadar dopamine akan cepat menurun bila rangsangan atau kegembiraan itu berakhir. Kadar dopamine yang rendah ditandai dengan perasaan apatis, depresi dan kurang bergairah. Salah satu cara mempertahankan kadar dopamine tetap tinggi adalah berhasil menyelesaikan hal hal kecil secara rutin seperti menyelesaikan teka teki silang.

2. Menurunkan risiko kepikunan

Rangsangan pada otak terbukti dapat mencegah beberapa penyakit saraf yang berhubungan dengan bertambahnya usia, seperti penyakit demensia dan Alzhemier. Studi yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas California membuktikan, seseorang yang rutin melakukan aktivitas mental seperti membaca atau mengerjakan teka teki silang, memiliki kandungan protein racun penyebab penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

3. Meredakan stress

Mengerjakan teka teki silang itu menyenangkan dan bisa digunakan untuk sekedar melupakan kekhawatiran. Teka teki silang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu di tengah kesendirian tanpa perlu merasa kesepian.

Faktanya, melakukan aktivitas intelektual seperti mengerjakan teka teki silang atau main catur, lebih efektif dalam menurunkan kecemasan dibandingkan dengan menonton televisi atau shopping.

4. Meningkatkan kemampuan verbal

Menyatukan beberapa kata dalam teka teki silang dapat membantumu meningkatkan kemampuan berbahasa. Sebuah studi di Irlandia menunjukan, sekelompok mahasiswa yang diminta rutin mengerjakan teka teki silang selama 4 minggu, mengalami peningkatan kemampuan komunikasi verbal yang lebih baik bila dibandingkan dengan sekelompok mahasiswa yang tidak mengerjakan teka teki silang.

5. Salah satu aktivitas sosial yang baik

Mengerjakan teka teki silang yang dilakukan bersama keluarga atau teman teman ternyata merupakan salah satu aktivitas sosial yang menyenangkan. Mengerjakan bersama sama juga bisa menguarkan kolaborasi dan kemampuan menyelesaikan suatu masalah.

Nah, apakah kamu masih suka mengerjakan teka teki silang?


KomentarKomentar