Minggu, 27 Mei 2018

Tips Mengobati Maag Dengan Lidah Buaya

Siapa sih yang mau menderita maag? Nyeri uluhati saat maag memang menjengkelkan. Saking sakitnya, kita sampai tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Masalah pencernaan memang terdengar sepele, tetapi bila masalah ini dibiarkan berlarut larut maka kesehatan tubuh secara keseluruhan akan ikut terganggu.

Sebagaimana kita ketahui bersama, sistem pencernaan memegang peranan penting dalam menyerap zat gizi yang ada di dalam makanan. Zat gizi ini kemudian diedarkan ke seluruh tubuh dan sebagian dijadikan bahan bakar agar sel tubuh bisa bekerja optimal. Nah, bila sistem pencernaan ini tidak berjalan dengan baik maka proses penyerapan zat gizi menjadi tidak optimal yang berujung pada terganggunya berbagai sistem yang ada di dalam tubuh.

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan

Orang mengenal manfaat lidah buaya sudah sejak 5000 tahun yang lalu. Baru dalam beberapa dekade terakhir, studi tentang manfaat daun lidah buaya bagi kesehatan dilakukan secara intensif. Daun lidah buaya mengandung lebih dari 200 zat gizi, beberapa diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, kalium, natrium, zinc dan lain lain.

Lalu apa manfaat lidah buaya bagi penderita maag?

Di dalam sistem pencernaan, lidah buaya dapat meningkatkan fungsi pencernaan termasuk meningkatkan penyerapan zat gizi. Manfaat ini didapat karena lidah buaya mengandung enzim amylase (membantu proses metabolisme gula dan karbohidrat) dan lipase (membantu memecah lemak). Kedua enzim ini membantu membuat lambung dan usus halus tetap dalam kondisi baik.

Daun lidah buaya juga mengandung polisakarida acemannan. Polisakarida yang hanya terdapat pada bagian dalam daun lidah buaya bermanfaat untuk membantu kesehatan sistem pencernaan.

Cara lain yang dilakukan oleh lidah buaya agar lambung sehat adalah dengan menjaga keseimbangan pH tubuh. Hal ini tentu saja akan membantu mengurangi proses iritasi dan inflamasi yang terjadi pada dinding lambung sehingga mempercepat penyembuhan.

Manfaat lain lidah buaya pada sistem pencernaan adalah dengan membantu menyehatkan keseimbangan bakteri baik yang ada di dalam usus. Bakteri baik atau disebut dengan probiotik adalah mikroorganisme yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan makanan.

Bagaimana caranya menggunakan lidah buaya sebagai obat maag?

Lidah buaya bisa dikonsumsi langung dengan cara dijus. Pastikan lidah buaya yang dipakai jus adalah gel yang terdapat di bagian dalam daun. Lidah buaya juga tersedia dalam bentuk bubuk atau suplemen yang telah siap untuk dikonsumsi.


EmoticonEmoticon