Senin, 14 Mei 2018

8 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Perut Kembung

Setiap orang yang pernah menderita perut begah atau perut kembung pasti bisa merasakan ketidaknyamanannya. Perut terasa penuh, kerap bersendawa dan tidak nyaman saat bergerak adalah beberapa gejala umum yang dirasakan saat seseorang mengalami perut kembung.

Penyebab perut kembung sangat bervariasi, salah satunya adalah karena kebiasaan buruk yang tanpa sadar kita lakukan setiap hari. Berikut 8 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan perut kembung.

1. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat tidak hanya menyebabkan seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan, tetapi juga menyebabkan perut kembung seperti balon. Penyebabnya karena saat makan terlalu cepat, udara yang masuk bersama makanan relatif banyak sehingga memenuhi rongga lambung.

Untuk mencegah hal ini, cobalah lebih lama mengunyah makanan. Untuk makanan yang relatif lunak, kunyahlah makanan minimal 7 kali dan untuk makanan yang agak keras, kunyahlah makanan tersebut minimal 20 kali.

2. Minum vitamin dosis tinggi

Minum vitamin dosis tinggi tidak akan membuat seseorang lebih sehat, yang terjadi justru sebaliknya. Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi vitamin secara berlebihan adalah masalah pencernaan atau perut kembung. Jenis vitamin yang kerap menimbulkan masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare adalah vitamin B.

3. Makan sesaat sebelum tidur

Kebanyakan orang menghindari makan malam karena tidak ingin gemuk. Ternyata menghindari makan sesaat sebelum tidur juga mencegah masalah pencernaan seperti perut kembung.

Berbaring setelah makan menyebabkan makanan naik ke kerongkongan bersama dengan asam lambung. Kondisi ini menyebabkan kerongkongan terasa penuh dan perih.

Untuk mencegah hal ini, cobalah mengonsumsi camilan sehat seperti buah buahan saat merasa lapar di malam hari.

4. Makan makanan pedas terlalu banyak

Makanan pedas memang dapat memberikan manfaat kesehatan, tetapi makanan jenis ini harus dikonsumsi dengan porsi sedang. Mengapa? Karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan diare, ulu hati sakit dan kembung.

5. Makan gluten atau minum susu

Mereka yang tidak bisa mencerna gluten akan merasakan sakit kepala, lesu, sembelit dan pusing. Selain itu, ketidakmampuan mencerna gluten dan susu juga menyebabkan masalah pencernaan lain seperti diare dan perut kembung.

6. Kekurangan probiotik

Kekurangan probiotik di dalam usus dapat menyebabkan masalah pencernaan. Beberapa studi membuktikan, probiotik bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan dan pergerakan usus. Probiotik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

7. Terlalu banyak mengonsumsi serat

Serat memang bagus untuk sistem pencernaan, tetapi mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu cepat dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini disebabkan karena lambung membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna serat, jadi bila serat yang masuk terlalu banyak dapat menyebabkan lambung kepenuhan.

8. Kurang tidur

Kurang tidur memang tidak baik bagi kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang dapat timbul saat seseorang kurang tidur adalah masalah pada lambung. Studi membuktikan, mereka yang kurang tidur lebih sering mengalami keluhan pada lambung bila dibandingkan dengan mereka yang tidurnya cukup.


EmoticonEmoticon