Rabu, 04 April 2018

Ini Alasan Mengapa Menarik Nafas Dalam Dalam Itu Penting

Percaya gak? Menarik nafas dalam dalam ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Saat ini makin banyak studi yang berhasil membuktikan bahwa menarik nafas dalam dalam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan kecemasan dan depresi, menjaga keseimbangan hormon di dalam otak, menghentikan kerusakan materi genetik dan memperlambat proses penuaan.

Selama ini yang kita tahu adalah manusia bernafas untuk menyerap oksigen dari dunia luar dan membuang karbondioksida dari dalam tubuh. Oksigen yang diserap saat bernafas sangat penting bagi sel sel tubuh agar tetap bisa bekerja secara optimal. Namun dibalik semua itu, ternyata menarik nafas yang lebih dalam memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Menarik nafas dalam akan memberi pesan pada otak agar memperlambar denyut nadi, memperbaiki sistem pencernaan, memberi rasa tenang dan nyaman serta memperlambat produksi hormon stress seperti kortisol. Sebagaimana kita ketahui, gangguan psikis seperti depresi dan kecemasan diperparah oleh meningkatnya produksi hormon stress, nah menarik nafas dalam akan membantu menekan produksi hormon stress ini.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh tim ahli dari Universitas Boston membuktikan, pasien pasien depresi yang mengikuti kelas yoga dan latihan pernafasan setelah 12 minggu akan mengalami penurunan gejala depresi. Pada pasien pasien ini juga terjadi peningkatan kadar GABA (hormon alami yang memiliki efek menenangkan). Meskipun studi ini terbilang kecil, tetapi hasilnya bisa memperluas wawasan seorang dokter dalam menangani pasien depresi sehingga kebutuhan terhadap obat obatan anti depresi bisa berkurang.

Dalam studi lain yang dipublikasikan dalam International Journal of Geriatric Psychiatry, latihan pernafasan, yoga dan meditasi secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan mental, perbaikan fungsi kognitif dan kesehatan telomere. Sebagaimana diketahui, telomere memegang peranan penting dalam melindungi material genetik manusia dan mengatur susunan DNA.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, menarik nafas dalam dapat menurunkan produksi sitokin. Sebagaimana diketahui, kadar sitokin mengalami peningkatan pada saat terjadinya proses inflamasi.

Demikianlah beberapa manfaat menarik nafas dalam dalam bagi kesehatan. Ternyata menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara cara yang mudah dan gratis.


EmoticonEmoticon