Jumat, 13 April 2018

Ini Adalah Jumlah Langkah Yang Harus Dilakukan Setiap Hari Agar Otak Sehat

Sebagian besar orang menganggap menurunnya daya ingat dan fungsi kognitif merupakan bagian dari proses penuaan. Namun, beberapa studi membuktikan bahwa pola hidup dan pola makan yang sehat dapat menghambat dampak penuaan pada otak. Salah satu aktivitas sederhana yang bisa dilakukan untuk menyehatkan otak adalah berjalan kaki.

Untuk membuktikan manfaat berjalan kaki dalam melindungi otak dari proses penuaan dan seberapa banyak porsi berjalan kaki yang dibutuhkan untuk memperoleh manfaat tersebut, para peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat mencoba melakukan beberapa tahap studi yang kemudian dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease.

Tahapan studi dimulai dengan memilih partisipan orang dewasa yang berusia diatas 60 tahun dengan keluhan berupa gangguan daya ingat, tetapi belum termasuk ke dalam penyakit demensia. Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Mereka yang berjalan kurang dari 4000 langkah per hari dimasukan ke dalam kelompok pertama, sedangkan mereka yang berjalan lebih dari 4000 langkah sehari dimasukan ke dalam kelompok kedua. Setelah diikuti selama dua tahun, para peneliti kemudian melakukan pemindaian bagian otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat.

Hasilnya, mereka yang berjalan lebih dari 4000 langkah sehari memiliki kemampuan memperhatikan yang lebih baik, lebih cepat dapat memproses informasi dan lebih baik dalam mengingat sesuatu untuk mengambil suatu keputusan.

Hasilnya sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Apapun bentuknya, olahraga dapat meningkatkan suplai oksigen dan zat gizi ke otak sehingga otak bisa berfungsi dengan baik.

Jadi, setelah membaca tulisan ini, cobalah melakukan hal hal berikut agar otakmu terlindungi dari proses penuaan.

  • Cobalah berjalan ke tempat kerja bila tempat bekerja tidak terlalu jauh.
  • Cobalah berjalan ke kantin saat makan siang.
  • Cobalah memilih menaiki tangga dibandingkan dengan naik eskalator atau lift.
  • Berkeliling ruangan saat menerima telepon.
  • Berjalan berkeliling ruang tamu saat jeda iklan di televisi.
  • Parkirlah kendaraan sedikit lebih jauh dari tujuan.
  • Turunlah dari angkutan umum agak jauh dari tujuan.
Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon