Senin, 30 April 2018

7 Manfaat Ginseng Yang Wajib Kamu Ketahui

Ginseng telah dikenal dalam pengobatan tradisional Tiongkok sejak berabad abad yang lalu. Berdasarkan lamanya tumbuh, tanaman ginseng diklasifikasikan ke dalam tiga jenis, yakni ginseng segar, ginseng putih dan ginseng merah.

Ginseng segar adalah tanaman ginseng yang dipanen sebelum berusia 4 tahun, sedangkan ginseng putih dipanen saat berusia antara 4 sampai 6 tahun dan bila tanaman ginseng dipanen saat berusia lebih dari 6 tahun, disebut ginseng merah.

Berdasarkan tempat tumbuhnya, ginseng dibagi menjadi dua, yakni ginseng amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng asia (Panax ginseng). Meskipun sama sama ginseng, keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Ginseng amerika memiliki efek relaksasi, sedangkan ginseng asia memiliki efek menyegarkan/menambah energi.

Bahan aktif yang terdapat pada ginseng adalah ginsenosides dan gintonin, keduanya saling mengisi untuk bersama sama memberi manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Berikut 8 manfaat ginseng bagi tubuh manusia yang telah terbukti secara klinis:

1. Sebagai antioksidan dan antiinflamasi

Beberapa studi menunjukan, ginseng dapat menekan proses inflamasi yang terjadi di dalam tubuh sekaligus meningkatkan kapasitas antioksidan di dalam sel untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mengoptimalkan fungsi otak

Ginseng terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak terutama dalam hal daya ingat, tingkah laku dan mood. Mengonsumsi ginseng secara teratur bermanfaat untuk memperbaiki fungsi mental, membuat seseorang menjadi lebih tenang dan meningkatkan mood.

3. Memperbaiki kejantanan pria

Beberapa studi berhasil membuktikan bahwa tanaman ginseng bila dikonsumsi secara teratur dapat memperbaiki kejantanan pria dengan cara memperbaiki aliran darah ke dalam Mr P.

4. Meningkatkan sistem immun

Ginseng meningkatkan sistem immun terutama pada mereka yang menderita penyakit kronis seperti kanker. Ginseng juga meningkatkan kinerja dari vaksin di dalam tubuh.

5. Membantu melawan kanker

Ginsenosides yang terdapat di dalam ginseng membantu mengatur proses inflamasi pada sel sehingga kesehatan sel tetap terjaga. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penurunan risiko terhadap beberapa jenis kanker.

6. Melawan kelelahan dan membuat tubuh lebih bertenaga

Ginseng membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kemampuan fisik dengan cara menurunkan kerusakan oksidatif pada sel dan meningkatkan produksi energi pada sel.

7. Membantu menurunkan kadar gula darah

Ginseng, terutama ginseng merah yang telah difermentasi, dapat meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Lalu bagaimana cara mengonsumsi ginseng? Ginseng bisa dikonsumsi dengan cara dimakan mentah atau diolah menjadi berbagai macam makanan. Ginseng juga bisa diminum dengan ditambahkan pada teh.

Meskipun secara umum ginseng tidak menimbulkan efek samping yang berarti, disarankan untuk mereka yang sedang mengonsumsi obat obatan agar berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi ginseng.


EmoticonEmoticon