Kamis, 05 April 2018

6 Cara Membantu Orang Yang Mengalami Kepanikan

Gangguan cemas bisa sangat menganggu kehidupan seseorang. Salah satu gangguan cemas yang sangat menganggu dan tampak mengerikan adalah serangan panik. Orang yang melihat seseorang mengalami serangan panik kadang bingung harus berbuat apa untuk menolongnya.

Seperti halnya gangguan mental yang lain, serangan panik juga sangat dipengaruhi oleh kondisi budaya suatu masyarakat. Hal ini menyebabkan, orang orang yang mengalami serangan panik sangat bervariasi dan sulit diketahui kapan serangan itu bisa muncul. Sulitnya memprediksi munculnya serangan panik menuntut setiap orang mengetahui dan mampu menenangkan orang yang sedang mengalami serangan panik.

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk membantu seseorang yang mengalami serangan panik:

1. Tetaplah tenang

Tetaplah tenang saat menghadapi orang yang sedang panik. Ketenangan ini tidak hanya membuat kamu lebih nyaman menolong, tetapi juga orang yang sedang panik akan terbantu dari rasa tenang yang ditunjukan oleh orang yang bersamanya.

2. Buatlah suasana lingkungan yang sunyi dan nyaman

Bila orang yang sedang panik berada di lingkungan yang ramai, ajak dia ke tempat yang lebih sunyi dan nyaman. Mungkin orang yang sedang panik itu butuh duduk di ruangan yang kosong atau di dalam mobil.

3. Tanyakan tentang obat obatan yang selama ini diminum

Orang yang didiagnosa dengan gangguan panik biasanya telah mendapatkan obat dari dokter dan obat tersebut selalu dibawa kemanapun dia pergi. Tanyakan orang yang sedang panik itu tentang obat yang dia harus minum. Berikan segelas air bila dibutuhkan.

4. Tanyakan tentang orang yang bisa dihubungi

Tanyakan tentang orang orang terdekat yang bisa dihubungi, misalnya anggota keluarga, teman atau pasangan hidup. Orang orang terdekat ini diharapkan bisa datang dan membantu menenangkan.

5. Bicaralah dengan tenang

Memang agak sulit berbicara dengan tenang saat berhadapan dengan orang yang panik. Namun, cobalah untuk selalu berbicara yang membuat suasana menjadi lebih nyaman. Tanyakan orang yang sedang panik itu, apa yang kira kira bisa dibantu dan bagaimana cara membantunya. Katakan ke dia bahwa dia saat ini dalam kondisi aman mendapat dukungan dari kita.

6. Jangan tinggalkan sebelum tenang

Jangan tinggalkan orang yang sedang panik sendirian, kecuali orang tersebut meminta kita meninggalkannya atau orang terdekat telah sampai ke tempat itu. Orang yang sedang mengalami serangan panik sangat sulit ditebak, itu sebabnya bila kita diusir dan tidak ada orang lain di sekitar tempat itu, cobalah untuk mengawasi dari kejauhan.


EmoticonEmoticon