Rabu, 07 Maret 2018

Ini Risiko Mengerikan Yang Bisa Terjadi Saat Seseorang Menindik Tubuh

Tindik sangat populer di kalangan usia muda. Mereka memasang tindik bahkan di hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari telinga, bibir, pusar, kelopak mata dan lain lain. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang memahami hal hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menindik tubuh.

Salah satu yang paling penting untuk diketahui sebelum menindik tubuh adalah risiko komplikasi yang bisa terjadi. Mengapa bisa terjadi komplikasi? Karena proses penindikan akan melukai tubuh dan perhiasan yang dipasang adalah benda asing yang bisa menimbulkan reaksi penolakan tubuh.

Berikut beberapa komplikasi yang bisa terjadi saat seseorang menindik tubuh:

Reaksi alergi

Perhiasan adalah benda asing bagi tubuh sehingga bila ditempelkan pada tubuh dapat menimbulkan reaksi penolakan atau reaksi alergi. Salah satu bahan perhiasan yang kerap menimbulkan reaksi alergi adalah nikel. Gejala reaksi alergi bisa beraneka ragam, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Komplikasi pada mulut

Tindik yang dipasang pada lidah dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Selain itu, lidah yang bengkak pasca pemasangan tindik dapat menganggu proses mengunyah dan menelan. Bahkan pada kasus yang berat dapat menganggu pernafasan.

Infeksi pada kulit

Pemasangan tindik pada kulit dapat menyebabkan terjadinya ruam kemerahan, nyeri, bengkak dan luka tindik yang bernanah. Pada kasus yang berat, komplikasi pada kulit dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan keloid.

Penyakit infeksi sistemik

Bila tindik yang ditusukan ke dalam tubuh terkontaminasi virus atau bakteri maka orang yang ditindik dapat mengalami infeksi sistemik. Beberapa penyakit infeksi yang bisa ditularkan saat proses tindik antara lain hepatitis B, hepatitis C, tetanus dan HIV.

Beberapa komplikasi di atas kadang membutuhkan penanganan dokter agar komplikasi yang terjadi tidak bertambah parah dan menganggu aktivitas sehari hari. Untuk itu, segeralah ke dokter bila mengalami salah satu dari komplikasi di atas.


EmoticonEmoticon