Rabu, 14 Februari 2018

Turunkan Tekanan Darah Dengan Cara Sesederhana Ini

Bila selama ini kamu menganggap bahwa cara menurunkan tekanan darah yang paling bagus adalah dengan obat obatan maka anggapanmu itu bisa saja salah. Menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of The North American Menopause Society (NAMS), selain menguatkan otot otot tungkai, naik turun tangga ternyata juga bisa untuk menurunkan tekanan darah.

Tidak ada satu orang pun yang akan membantah manfaat olahraga bagi kesehatan. Namun bagi orang usia lanjut, pemilihan jenis olahraga yang memberi manfaat kesehatan agak sedikit lebih sulit bila dibandingkan dengan mereka yang berusia muda. Kita ambil contoh latihan ketahanan. Latihan ini memang bermanfaat untuk menguatkan otot otot orang usia lanjut, tetapi latihan ketahanan yang terlalu intens dapat meningkatkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Hambatan lain yang dihadapi oleh orang usia lanjut saat memilih jenis olahraga adalah keterbatasan waktu, kemampuan finansial, lokasi sarana olahraga, kondisi cuaca dan perasaan malu. Hambatan hambatan ini tentu saja akan menyebabkan orang usia lanjut menjadi malas berolahraga dan tidak mendapatkan manfaat dari olahraga.

Berbeda halnya dengan naik turun tangga. Latihan ini menawarkan kombinasi manfaat antara latihann erobik dengan latihan ketahanan. Manfaatnya antara lain untuk menguatkan otot dan memperbaiki sistem jantung dan pernafasan khususnya pada orang usia lanjut. Latihan yang bisa dilakukan gratis di rumah ini juga bermanfaat untuk memperbaiki kondisi lemak darah, menurunkan risiko osteoporosis.

Studi ini kembali menegaskan bahwa olahraga bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja dengan segudang manfaat bagi kesehatan.


EmoticonEmoticon