Kamis, 15 Februari 2018

Ini Bukti Eratnya Hubungan Makanan Olahan Jadi Dengan Kanker

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi makanan olahan jadi seperti makanan ringan, minuman berpemanis dan makanan berlemak? Mungkin sudah saatnya kamu mengurangi konsumsinya. Mengapa? Karena menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam The BMJ, kegemaran mengonsumsi makanan olahan jadi berhubungan dengan peningkatkan risiko kanker.

Makanan olahan jadi yang menjadi fokus studi ini adalah makanan olahan jadi yang kaya dengan lemak, lemak jenuh, gula dan garam. Sebagaimana diketahui, konsumsi makanan olahan jadi jenis ini sangat tinggi di daerah perkotaan terutama di negara negara berkembang dan maju.

Hasilnya pun cukup mengejutkan. Dari 150.000 orang dewasa yang dijadikan partisipan dalam studi ini, 10 persennya adalah pengonsumsi makanan olahan jadi dan konsumsi ini ternyata berhubungan dengan peningkatan risiko kanker sampai 12 persen. Sayangnya studi ini belum bisa memastikan hubungan sebab akibat antara makanan olahan jadi dengan kanker. Studi ini hanya menyimpulkan makanan olahan jadi berhubungan dengan risiko kanker.

Dari studi yang pengamatannya dilakukan selama lebih dari lima tahun ini juga ditemukan bahwa jenis kanker yang paling tinggi peningkatan risikonya pada orang yang mengonsumsi makanan olahan jadi adalah kanker usus besar. Meskipun risiko kanker prostat juga ditemukan meningkat, tetapi hubungan dari peningkatan risiko ini dengan makanan olahan jadi masih belum kuat.

Jenis makanan olahan jadi juga mempengaruhi jenis kanker yang terjadi. Bila minuman berpemanis, makanan bergula, makanan berlemak meningkatkan risiko seseorang menderita semua jenis kanker maka khusus makanan berpemanis juga meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Proses inflamasi yang disebabkan oleh konsumsi makanan olahan jadi diduga menjadi penyebab dari peningkatan risiko kanker. Namun para peneliti juga menduga ada peranan fakto lain yang mempengaruhinya. Faktor lain itu diantaranya zat aditif yang ditambahkan dalam makanan, material pada pembungkus makanan dan zat acrylamide yang terbentuk saat makanan olahan jadi dibuat.

Bagaimana? Masih suka mengonsumsi makanan olahan jadi?


EmoticonEmoticon