Selasa, 13 Februari 2018

Ingin Berlari Lebih Kuat Dan Kencang? Coba Lakukan Ini

Lari merupakan salah satu olahraga favorit yang kerap dilakukan oleh mereka yang ingin tetap menjaga kebugaran. Selain murah, lari bisa dilakukan dimana saja dan tentu saja tidak memerlukan pelatihan khusus untuk melakukannya.

Sayangnya tidak sedikit yang mengeluh cepat merasa kelelahan saat olahraga lari. Baru beberapa putaran saja, nafas sudah ngos ngosan dan sulit untuk melangkahkan kaki lebih jauh lagi.

Kini ilmuwan dari Irlandia telah menemukan solusi agar seseorang bisa berlari lebih kuat dan lebih kencang dari biasanya. Solusi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Sports and Exercise tersebut adalah tersenyum.

Yap, senyuman terbukti dapat meningkatkan performa seseorang saat melakukan olahraga. Tersenyum membuat olahragawan melupakan kerja keras yang sedang mereka lakukan sehingga mereka merasa lebih mudah untuk terus melakukannya.

Berlari dengan tersenyum ini telah dibuktikan oleh banyak atlet top dunia termasuk, Eliud Kipchoge, atlet maraton perebut medali emas Olimpiade. Menurut Kipchoge, tersenyum sangat membantu dia dalam meningkatkan performa saat berlari.

Menurut para ahli, tersenyum dapat menurunkan ketegangan otot dan merupakan salah satu cara mengalihkan perhatian para olahragawan dari kelehan tubuh sehingga membuat mereka bisa berlari lebih santai.

Untuk membuktikan manfaat senyuman dalam meningkatkan performa saat berolahraga, para peneliti menggunakan partisipan sebanyak 24 orang yang diminta berlari di atas treadmill selama 12 menit. Enam menit pertama mereka diminta untuk berlari tanpa tersenyum, setelah istirahat 2 menit, mereka kemudian diminta berlari lagi selama 6 menit sambil tersenyum. Mereka kemudian diminta mencatat apa yang dirasakan selama berlari.

Hasilnya, partisipan yang berlari sambil tersenyum menghabiskan energi lebih rendah 2,8 persen bila dibandingkan dengan saat berlari tanpa tersenyum.

Nah, hasil studi ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kamu yang suka olahraga lari. Kamu bisa menambah kecepatan dan jarak lari dengan cara yang sangat sederhana. Selain itu, berlari sambil tersenyum juga terlihat ramah saat berpapasan dengan orang lain.


EmoticonEmoticon