Sabtu, 13 Januari 2018

Zat Gizi Ini Bermanfaat Untuk Mencegah Kejang

Mungkin kamu pernah membaca bahwa salah satu manfaat dari minyak ganja adalah untuk mencegah kejang. Selain minyak ganja, ternyata ada satu lagi zat gizi yang memiliki manfaat seperti itu yakni asam lemak omega 3 atau dikenal dengan nama docosahexanoic acid (DHA). Tidak seperti minyak ganja, DHA bisa diperoleh dengan mudah dan legal, bahkan dari makanan yang kita konsumsi sehari hari.

Dipublikasikan dalam jurnal kedokteran, Scientific Reports, para peneliti berhasil menemukan adanya hubungan antara peningkatan kadar estrogen dengan konsumsi DHA pada percobaan menggunakan hewan. Sebagaimana diketahui, kombinasi antara DHA dan estrogen ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya kejang.

Kejang sendiri adalah aktivitas kelistrikan yang abnormal pada otak. Saat mendengar kata kejang, bayangan kita pasti pada seseorang yang tidak sadar dengan gerakan gerakan yang menghentak. Faktanya, gejala kejang tidak hanya seperti itu. Ada jenis kejang yang penderitanya masih sadar, gerakan gerakan yang tidak terkendali hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu.

Salah satu penyakit yang gejala dominanya berupa kejang adalah epilepsi. Kondisi lain yang bisa menyebabkan kejang diantaranya cidera kepala, infeksi pada susunan saraf pusat, tumor otak dan stroke.

Selain dijual dalam bentuk suplemen, DHA banyak ditemukan pada makanan yang kita konsumsi sehari hari. Makanan tersebut diantaranya, biji bijian, walnut, bayam, sayuran berdaun hijau, bunga kol, blueberri, mangga, biji labu dan ikan. Minyak DHA sendiri sangat mudah rusak oleh sinar dan panas, oleh karena itu sebaiknya disimpan dalam tempat yang gelap.

Sedangkan bagi mereka yang kesulitan memperoleh makanan yang mengandung DHA atau konsumsi dari makanan tersebut kurang, DHA bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan. Suplemen DHA sendiri ada yang dijual hanya mengandung DHA, ada pula yang dijual berupa kombinasi antara DHA dengan EPA.

Selain bermanfaat untuk mencegah kejang, asam lemak omega 3 juga bermanfaat untuk kesehatan jantung (termasuk pemulihan pasca serangan jantung), membantu penyembuhan gejala dari multiple sclerosis, membantu mengatasi depresi, membantu meredakan gejala ADHD. Selain itu, DHA juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.


EmoticonEmoticon