Kamis, 21 Desember 2017

Rutin Mengonsumsi Makanan Ini Membuat Otak Lebih Muda 11 Tahun

Kemampuan kognitif seseorang memang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun menurut sebuah studi terbaru, mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat mempertahankan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat meskipun usia bertambah tua. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Rush, Chicago, Amerika Serikat ini dipublikasikan dalam jurnal the American Academy of Neurology.

Menurut Martha Clare Morris, ScD, salah seorang peneliti yang terlibat dalam studi ini, tambahan seporsi sayuran hijau pada menu makanan sehari hari merupakan cara termudah untuk menyehatkan otak. Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan otak juga terjadi pada mereka yang telah menderita penyakit demensia sehingga sayuran hijau bisa menjadi pilihan strategi baru dalam pengobatan demensia.

Lebih jauh dalam studi ini disebutkan, mereka yang secara rutin mengonsumsi seporsi sayuran hijau memiliki angka penurunan kemampuan mengingat yang lebih kecil bila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi sayuran hijau. Hebatnya lagi, orang usia lanjut yang rutin mengonsumsi sayuran hijau memiliki kemampuan kognitif yang 11 tahun lebih muda bila dibandingkan dengan teman teman seusia mereka yang jarang mengonsumsi sayuran hijau.

Untuk meningkatkan validitas studi, beberapa faktor yang mempengaruhi hasil studi seperti makanan laut, konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kegemukan, tingkat pendidikan, aktivitas fisik dan aktivitas kognitif, ikut diperhitungkan.

Meskipun studi ini gagal menyimpulkan bahwa sayuran hijau dapat memperlambat penuaan otak, namun hubungan antara sayuran hijau dengan kesehatan otak ditemukan sangat signifikan.

Nah, bagi kamu yang masih ogah makan sayur, silakan pertimbangkan lagi keogahanmu itu agar otakmu tetap tajam dan tidak mudah lupa.


EmoticonEmoticon