Minggu, 03 Desember 2017

Lakukan 7 Cara Ini Agar Terhindar Dari Osteoporosis


Meskipun osteoporosis atau pengeroposan tulang kerap dialami oleh orang lanjut usia, namun penyakit ini bukanlah bagian dari suatu proses penuaan. Dengan sedikit mengubah pola makan dan pola hidup, kamu bisa mendapatkan tulang yang kuat sehingga terhindar dari pengeroposan tulang.

Osteoporosis sendiri adalah penyakit pengeroposan tulang yang ditandai dengan makin menipisnya tulang akibat dari hilangnya mineral dan kalsium tulang dalam waktu yang lama. Kondisi ini menyebabkan tulang mudah patah bahkan bisa patah tanpa adanya trauma/benturan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari osteoporosis:

1. Makanlah makanan yang kaya dengan kalsium

Makanan kaya kalsium ini diantaranya salmon, sarden, kacang kedelai, sayuran hijau, biji bijian, oat, almond, walnut, biji bunga matahari, tahu, brokoli dan berbagai jenis ikan.

2. Makanlah makanan yang kaya dengan mineral selain kalsium

Harap diingat, osteoporosis bukanlah penyakit akibat kekurangan kalsium. Tulang manusia butuh berbagai zat gizi agar bisa tetap kuat, termasuk diantaranya, boron, magnesium, mangan, phorpor, kalium, silika dan zinc.

Makanan yang kaya dengan zat gizi diatas antara lain:

Makanan kaya boron: sayuran hijau, kentang, wortel, beet, ikan, tomat, biji bijian, kacang kacangan, buah buahan, gandum utuh.

Makanan kaya magnesium: apel, lemon, peach, kale, seledri, beet, gandum utuh, beras cokelat, sayuran hijau, biji bijian, almon dan salmon.

Makanan kaya mangan: kacang, nanas, gandum utuh, bayam, beet, teh, aprikot, blueberi, pisang, buah jeruk.

Makanan kaya phospor: gandum utuh, biji bijian, kacang kacangan, telur, ikan, unggas, buah kering.

Makanan kaya kalium: pisang, buah jeruk, aprikot, tomat, biji bunga matahari, gandum utuh, kentang, unggas dan ikan.

Makanan kaya silika: biji bijian, oat, gandum utuh, almond, biji bunga matahari, apel, stroberi, anggur, beet, bawang merah.

Makanan kaya zinc: biji bijian, biji labu, biji bunga matahari, bawang merah, kacang kacangan, sayuran hijau, pea, beet, wortel.

3. Rutin berolahraga

Olahraga khususnya olahraga beban tubuh dapat membantu menguatkan tulang sekaligus meningkatkan asupan kalsium dan mineral lain ke dalam tulang. Contoh olahraga yang bisa menguatkan tulang antara lain: angkat beban, berjalan cepat, jogging, yoga, lompat tali.

4. Berhenti merokok

Merokok berhubungan dengan berkurangnya massa tulang sehingga tulang menjadi tipis.

5. Hindari obat obatan yang dapat menipiskan tulang

Bila obat obatan itu tidak bisa dihindari, maka selama pengobatan harus dilakukan kontrol yang ketat terhadap tulang. Contoh obat obatan yang dapat menipiskan tulang antara lain: kortikosteroid, obat obatan tyroid, obat obatan anti kejang, obat obatan anti depresi, terapi hormon.

6. Kelola stress dengan baik

Stress memiliki andil terhadap proses terjadinya osteoporosis sehingga cobalah untuk mengelola stress dengan baik. Hindari pekerjaan yang selalu membuat kamu tidak bahagia, jauhi hubungan yang menyebabkan kamu stress, cobalah berlatih yoga, meditasi, berjalan, bernyanyi dan upaya meredakan stress lainnya.

7. Berjemur untuk mendapatkan vitamin D

Vitamin D sangat penting demi kuatnya tulang. Berjemur merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D secara alami.


EmoticonEmoticon