Senin, 11 Desember 2017

Lakukan 5 Cara Ini Agar Datang Bulan Terasa Nyaman

Haid atau datang bulan merupakan siklus bulanan yang dialami oleh seorang wanita dalam masa reproduksi. Selain mengeluarkan darah haid, ada berbagai macam keluhan yang dialami oleh seorang wanita saat haid. Keluhan itu dari yang ringan sampai yang berat sehingga menganggu aktivitas sehari hari.

Melalui tulisan ini, saya akan mengajak para wanita untuk melakukan beberapa langkah sederhana agar keluhan yang dirasakan saat haid menjadi berkurang dan tetap nyaman dalam beraktivitas. Langkah langkah tersebut diantaranya:

Bergerak

Mungkin kebanyakan wanita akan malas berolahraga saat haid, padahal olahraga bisa menjadi solusi dalam mengatasi ketidaknyamanan saat haid. Salah satu olahraga yang bagus dilakukan saat haid adalah yoga. Melalui yoga, ada kombinasi gerakan fisik dan pemusatan pikiran sehingga terjadi keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Sebagaimana kita ketahui, saat haid, selain mengalami keluhan fisik, seorang wanita juga mengalami masalah psikis.

Minum obat

Obat disini yang saya maksud bukan obat obatan kimia penghilang rasa sakit melainkan obat obat alami yang berasal dari makanan. Saat haid merupakan saat yang tepat untuk membanjiri tubuh dengan makanan yang bergizi seperti vitamin, mineral, serat, lemak sehat dan beberapa jenis herbal. Makanan makanan ini akan membantu keseimbangan hormonal saat haid sehingga keluhan haid menjadi lebih ringan.

Sayangi diri sendiri

Dengan menyayangi diri sendiri maka seorang wanita bisa mendeteksi lebih awal bila terjadi perubahan yang tidak wajar menjelang haid. Dengan diketahui lebih awal maka bisa dilakukan antisipasi terhadap perubahan hormonal yang mungkin terjadi. Antsipasi tersebut bisa dengan perubahan pola hidup dan pola makan sehingga keluhan saat haid akan berkurang.

Luangkan waktu sejenak

Yap, saat haid merupakan saat yang tepat untuk memanjakan diri sendiri. Lakukan hal hal yang sebelumnya jarang dilakukan seperti membaca buku, meditasi, tidur siang, berjalan jalan, merawat tubuh dan tentu saja mengurangi interaksi di media sosial. Luangkan waktu juga untuk berkumpul bersama dengan teman teman dekat agar pikiran kita menjadi lebih terbuka dan santai.

Mandi air hangat

Bila mandi sudah menjadi suatu keharusan dalam kehidupan sehari hari maka saat haid mandilah dengan air hangat. Keluhan berupa kram atau nyeri pada perut bagian bawah dapat dikurangi dengan cara mandi menggunakan air hangat. Selain mandi air hangat, perut bagian bawah juga bisa dikompres menggunakan air hangat untuk membantu meredakan nyeri haid.

Nah, semoga setelah melakukan kelima cara di atas maka keluhan saat datang bulan tidak lagi menjadi masalah yang berarti.


EmoticonEmoticon