Kamis, 07 Desember 2017

Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Minum Lemon Hangat Setiap Hari

Tentu kamu sudah tahu jika tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Oleh karenanya, kita harus minum air yang cukup setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh tetap dalam kondisi seimbang. Kehilangan cairan tubuh melalui urine, pup, keringat, nafas, dan lain lain harus diganti dengan asupan cairan melalui minuman dan makanan.

Lalu bagaimana jika minuman yang kita minum ditambahkan dengan lemon? Apakah bermanfaat? Jawabannya adalah iya.

Setiap sel dalam tubuh manusia memerlukan air yang cukup agar bisa berfungsi optimal. Selain itu, air juga dibutuhkan tubuh sebagai bahan utama pelumas sendi, penghantar listrik pada sistem saraf dan otak. Dengan kata lain, tubuh akan tetap sehat jika kebutuhan airnya terpenuhi dengan baik. Manfaat kesehatan dari air ini akan meningkat bila air minum tersebut diberi tambahan lemon.

Rasa asam pada lemon bermanfaat untuk menjaga aliran cairan empedu tetap lancar. Dengan lancarnya sirkulasi cairan empedu maka timbunan lemak dan kolesterol pada liver akan cepat terbuang ke dalam usus. Cairan empedu yang keluar juga akan merangsang pergerakan usus sehingga kotoran yang ada di dalam usus akan cepat dibuang melalui feses. Bila tidak dibuang dengan cepat, kotoran yang mengendap di dalam usus berisiko diserap kembali oleh tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan yang baru. Kesimpulannya, minum air lemon tidak hanya mempercepat pembuangan zat zat beracun dari dalam tubuh, tapi juga mencegah zat zat racun itu diserap kembali saat berada di dalam usus.

Buah lemon kaya dengan zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin C dan Magnesium, mineral yang sangat penting untuk relaksasi saraf otot. Lemon juga mengandung pitonutrien, Limonene yang dapat membantu menetralisir racun yang terdapat pada liver serta memiliki efek anti kanker.

Nah, melihat manfaat air lemon di atas, tidak berlebihan jika air lemon dapat dijadikan minuman pilihan di pagi hari. Namun, saran saya sebaiknya air lemon yang diminum bukan air lemon dalam kemasan yang tinggi kadar gulanya. Air lemon yang bagus dikonsumsi adalah air perasan lemon buatan sendiri dengan kadar gula yang bisa diatur sesedikit mungkin.

Minum air lemon hangat di pagi hari tidak hanya menyegarkan dan mencegah dehidrasi, tapi juga membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Dengan kondisi seperti ini, berangkat ke tempat aktivitas menjadi lebih bersemangat.


EmoticonEmoticon