Kamis, 30 November 2017

Waspadalah, Ini 9 Gejala Batu Ginjal Yang Tidak Boleh Diabaikan

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang ginjal. Disebut batu ginjal karena pembentukan batu terjadi pada ginjal. Batu ginjal sendiri ada yang lunak, ada pula yang keras. Demikian pula dengan ukurannya, ada yang kecil seperti butiran pasir, ada pula yang besar seperti bola golf.

Batu ginjal yang ukurannya kecil biasanya akan keluar sendiri bersama urine, sedangkan yang ukurannya besar, dapat menimbulkan masalah pada ginjal. Keluhan yang kerap dialami pasien adalah rasa sakit yang luar biasa.

Batu ginjal terbentuk dari akumulasi garam dan mineral yang terkandung di dalam urine. Hal ini terjadi karena urine terlalu pekat sehingga garam dan mineral ini mengendap dan terakumulasi di dalam ginjal.

Terdapat empat jenis batu ginjal, diantaranya:
  1. Batu kalsium
  2. Batu asam urat
  3. Batu struvite
  4. Batu sistine.
Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang lebih mudah menderita batu ginjal. Faktor risiko tersebut antara lain, kurang minum sehingga konsentrasi urine yang ada pada ginjal menjadi lebih pekat, kegemukan, makan makanan yang mengandung asam urat secara berlebihan dan penyakit penyakit tertentu seperti diabetes melitus.

Lalu apa gejala seseorang yang menderita batu ginjal?

Batu ginjal ukuran kecil biasanya tidak menimbulkan gejala karena bisa keluar sendiri melalui saluran kemih bersama urine. Berbeda halnya bila ukuran batu ginjal lebih besar, batu ini bisa tetap berada di dalam ginjal sehingga menimbulkan gejala pada ginjal, atau tersangkut di dalam saluran kemih sehingga menimbulkan gejala pada saluran kemih tersebut.

Jadi kesimpulannya, gejala yang muncul saat seseorang menderita batu ginjal diantaranya:
  1. Nyeri pada punggung bagian belakang, tepatnya di bawah tulang rusuk bagian belakang yang menjalar ke perut bagian depan dan bawah.
  2. Mual.
  3. Muntah.
  4. Urine berwarna merah muda, merah atau cokelat darah.
  5. Keinginan kencing lebih sering.
  6. Kencing keluar sedikit sedikit atau tidak tuntas.
  7. Rasa sakit atau panas saat kencing.
  8. Demam.
  9. Menggigil.
Gejala di atas memang mirip dengan gejala infeksi saluran kemih sehingga butuh bantuan dokter untuk membedakannya. Bila kamu mengalami gejala di atas, sebaiknya segera ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan.


EmoticonEmoticon