Jumat, 17 November 2017

Ini Manfaat Terbaru Dari Minum Tiga Cangkir Kopi Sehari

Apakah kamu termasuk penikmat kopi? Nih ada kabar gembira buat kamu. Menurut studi terbaru, minum tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit liver seperti kanker liver dan sirosis liver. Penurunan risikonya lumayan gede yakni mencapai 70%. 

Manfaat kopi ini diduga karena kandungan kafein, kahwesol, kafestol dan antioksidan yang ada pada biji kopi. Campuran dari zat zat ini memberi proteksi terhadap liver dan mencegah terjadinya proses inflamasi dan pembentukan jaringan parut pada liver.

Yang lebih mengembirakan lagi, manfaat kopi yang didapat dalam studi ini tidak dipengaruhi oleh bentuk kopi yang disajikan. Jadi, bila kamu penikmat kopi espreso atau kopi instan, kamu masih bisa mendapatkan manfaat kopi sebagai pelindung liver dari kerusakan.

Meskipun studi ini dibiayai oleh enam produsen kopi, namun pelaksanaan studi tetap memperhatikan kaidah kaidah studi ilmiah. Hal itu terlihat dari studi yang digunakan sebagai dasar dari kesimpulan yang dibuat. 

Beberapa studi yang dipakai dasar antara lain, studi yang dilakukan di Italia yang menemukan bawaha minum tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit liver sampai 65%, sedangkan studi yang dilakukan oleh ilmuwan Kaiser Permanente, membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dapat menurunkan pembentukan jaringan parut pada sirosis liver sampai 25%.

Analisa statistik juga membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko kanker liver sampai 40% dan makin banyak minum kopi, efek perlindungan terhadap kanker liver akan semakin besar.

Nah, bagi kamu penikmat kopi, hasil studi ini tentu sangat mengembirakan. Kamu bisa menikmati kopi sekaligus mendapatkan perlindungan dari gangguan liver. Selamat menikmati kopi.


EmoticonEmoticon