Rabu, 01 November 2017

Ini Dampak Mengerikan Dari Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia

Gelombang panas, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan bencana alam yang berhubungan dengan cuaca merupakan beberapa tanda dari perubahan iklim yang berdampak pada kehidupan manusia.

Dampak dari perubahan iklim ini mengancam kehidupan manusia dari berbagai sisi, seperti kelaparan, kekurangan tempat tinggal, buruknya sanitasi dan berbagai ancaman serius lainnya. Demikian kesimpulan dari laporan yang dimuat dalam jurnal kedokteran The Lancet edisi bulan ini.

Laporan yang ditulis oleh 63 peneliti dari berbagai disiplin ilmu (ahli iklim, ekologis, geograpis, ekonom, insinyur, matematika, ilmu politik, transportasi dan energi), yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Dalam laporan itu disebutkan, antara tahun 2000 sampai 2016, jumlah orang dewasa yang terpapar gelombang panas meningkat mencapai rata rata 125 juta orang. Peningkatan paling tinggi terjadi pada tahun 2015 yakni mencapai 175 juta orang.

Angka kematian akibat bencana alam yang berhubungan dengan cuaca seperti banjir dan badai juga mengalami peningkatan. Setiap tahun antara tahun 2007 sampai 2016, rata rata terdapat 300 kali bencana alam yang berhubungan dengan cuaca. Bencana alam ini diperkirakan membunuh lebih 500.000 orang.

Menurut para ahli, respon dunia terhadap perubahan iklim selama ini belum memadai jika tidak ingin dibilang salah arah. Kurangnya respon dunia terhadap perubahan iklim membuat hidup manusia mengalami ancaman serius. Kita tidak hanya berbicara hari ini tetapi bagaimana kehidupan manusia kelak di masa depan.

Jika tidak segera direspon, jangan salahkan kelak akan muncul banyak masalah kesehatan pada manusia yang berhubungan dengan perubahan iklim. Dan masalah kesehatan ini tidak menutup kemungkinan adalah penyakit penyakit yang tidak bisa disembuhkan.


EmoticonEmoticon