Rabu, 08 November 2017

Berapa Liter Kita Harus Minum Air Setiap Hari? Ini Faktanya

Kamu mungkin pernah mendengar atau membaca tips bahwa kita diharuskan minum 8 gelas air setiap hari. Meskipun tips ini telah banyak dibantah oleh para ahli, sebagian besar orang masih mempercayainya.

Kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung dari usia, jenis kelamin, aktivitas yang dilakukan dan kondisi lingkungan. Khusus untuk air, kebutuhannya pun sangat berbeda terggantung dari makanan dan minuman yang kita konsumsi saat itu. Oleh karenanya, kebutuhan cairan pada masing masing individu tidaklah sama setiap harinya.

Menurut Institute of Medicine, Amerika Serikat, setiap orang dianjurkan untuk minum air minimal 2,7 liter setiap hari. Mereka tidak menyebutkan secara spesifik jenis air yang diminum sehingga bisa disimpulkan sumber air bisa berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Perhatikan sinyal tubuh saat membutuhkan cairan, misalnya minumlah saat haus dan makanlah saat lapar.

Sumber cairan tidak hanya air putih

Meskipun kerap disarankan minum air yang cukup, kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bersumber dari air. Ada banyak sumber cairan yang bisa dikonsumsi setiap hari selain air putih, misalnya susu, teh, kopi, jus, buah buahan dan bahkan makanan yang berkuah. Beberapa jenis buah yang kaya dengan air antara lain semangka, mentimun, pir, tomat, stroberi, jeruk dan lain lain. Menurut para ahli, penyerapan cairan dan makanan di dalam sistem pencernaan manusia sama baiknya dengan penyerapan air biasa.

Meskipun demikian, kamu juga harus hati hati dalam memilih makanan atau minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang dapat meningkatkan produksi kencing sehingga tubuhmu berisiko mengalami dehidrasi, ada pula makanan atau minuman yang dapat menahan air tubuh sehingga menyebabkan tubuhmu tidak merasakan haus.

Tanda tubuh membutuhkan cairan

Rasa haus merupakan tanda sederhana yang muncul saat tubuh membutuhkan cairan. Artinya, saat kamu merasa haus, segeralah minum agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi. Tanda lain yang bisa kamu lihat saat tubuh membutuhkan cairan adalah warna urine. Makin jernih warna urine maka kebutuhan cairan tubuhmu makin tercukupi.

Bila kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi dengan baik maka kamu bisa mengalami dehidrasi. Gejala dehidrasi sendiri bisa ringan bisa pula berat. Beberapa gejala dehidrasi antara lain mulut kering, bibir pecah pecah, kulit kering, produksi air mata menurun, sakit kepala, kram otot, lemah dan kurang bergairah.

Nah, bila kamu mengalami gejala tersebut segeralah minum atau memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dehidrasi yang tidak teratasi dengan baik bisa berakibat fatal bagi tubuh secara keseluruhan.


EmoticonEmoticon