Sabtu, 11 November 2017

8 Hal Sederhana Untuk Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi

Setelah menjalani operasi pembedahan dengan sukses, keinginan selanjutnya adalah bisa pulih dengan cepat dan kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Sayangnya keinginan ini kadang terhambat oleh lamanya proses pemulihan pasca operasi.

Proses pemulihan pasca operasi pembedahan, baik pada operasi kecil atau operasi kecil, membutuhkan rentang waktu tertentu. Proses ini tidak bisa dipaksa agar lebih cepat dari biasanya sebab akan berisiko menyebabkan komplikasi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu mempercepat masa pemulihan pasca operasi pembedahan tanpa menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Beberapa hal tersebut diantaranya,

1. Ikuti semua petunjuk dokter

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengikuti semua saran dari dokter pasca dilakukan tindakan operasi pembedahan. Ikuti semua anjuran dan hindari semua pantangan yang dipesankan oleh dokter. Setiap anjuran dan pantangan pasti bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan pemulihan pasca tindakan operasi pembedahan.

Minumlah obat obatan yang diberikan pasca operasi pembedahan termasuk tepati jadwal kontrol kembali. Kamu perlu menepati jadwal kontrol kembali agar dokter bisa melihat perkembangan luka pasca operasi dan menemukan sedini mungkin bila terjadi komplikasi.

2. Rawat luka dengan baik

Luka operasi memang tidak enak dilihat namun itu jangan dijadikan alasan untuk mengabaikannya. Semakin bagus kamu merawat luka maka akan semakin cepat luka itu sembuh. Perawatan luka yang baik juga dapat mencegah terjadinya komplikasi yang dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada kulit.

Periksalah luka setiap saat, perhatikan adanya perdarahan, lepasnya jahitan dan tanda tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak dan nanah. Gunakan cermin untuk memeriksa bila lokasi luka sulit untuk dilihat langsung. Bila menemukan hal hal yang tidak normal saat dilakukan pemeriksaan, segera konsultasi ke dokter.

3. Cegah infeksi

Cucilah tangan dengan sabun sebelum menyentuh luka bekas operasi. Untuk perlindungan ekstra, cucilah tangan lebih sering dari biasanya.

Mencuci tangan sebelum merawat luka merupakan tindakan sederhana yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka bekas operasi. Begitu pula dengan mencuci luka bekas operasi, namun mencuci luka bekas operasi perlu kehatihatian agar tidak memperburuk kondisi luka. Ikuti saran dokter tentang cara mencuci luka bekas operasi yang benar.

4. Minum yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang

Makanan dan minuman kerap diabaikan pada upaya mempercepat proses penyembuhan luka padahal makanan dan minuman yang sehat merupakan faktor penting dalam penyembuhan luka. Tubuh manusia memerlukan zat makanan untuk membangun kembali jaringan yang rusak pada luka.

Jenis makanan yang kaya dengan protein, vitamin C dan B12, serat, probiotik dan zat besi merupakan jenis makanan yang penting dalam membantu penyembuhan luka. Hindari makanan yang tinggi kadar gulanya dan makanan olahan instan karena kandungan gizi dari makanan seperti ini sangat jelek.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan sembelit sebab pasca operasi pembedahan, pergerakan usus belum normal sehingga kamu rentan mengalami sembelit. Jenis makanan yang dapat menyebabkan sembelit antara lain makanan olahan susu, makanan rendah serat dan makanan kering.

5. Berhati hatilah saat batuk dan bersin

Berhati hatilah saat batuk dan bersin terutama bila luka operasi letaknya di bagian perut. Batuk dan bersin yang terlalu kuat dapat merobek luka bekas operasi. Tekanlah luka bekas operasi dengan tangan atau bantal saat batuk dan bersin guna mengurangi terkanan pada daerah luka.

6. Carilah dukungan orang orang di sekitar

Dukungan orang orang di sekitar sangat penting dalam upaya pemulihan pasca operasi pembedahan. Mereka bisa mengingatkan jadwal kontrol kembali dan jadwal minum obat. Mereka juga bisa membantu saat merawat luka.

Dukungan orang orang sekitar juga dapat mempercepat pemulihan secara psikologis. Dukungan ini membuat kamu tidak sendirian dalam menghadapi masalah kesehatan yang menyebabkan tindakan operasi pembedahan. Kamu juga cepat merasakan kehidupan yang normal pasca tindakan operasi pembedahan.

7. Tetap aktif, tapi jangan terlalu aktif

Dokter umumnya akan menyarankan melakukan aktivitas ringan pasca dilakukan tindakan operasi pembedahan. Aktivitas ini penting untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah, mencegah terjadinya pengentalan darah, memperbaiki pergerakan usus, mencegah sembelit dan kelemahan pada otot.

Meskipun dianjurkan bergerak dan beraktivitas ringan, kamu sebaiknya menghindari aktivitas yang berat seperti mengangkat benda benda berat dan aktivitas berat lainnya. Lakukan aktivitas ini secara bertahap setelah luka operasi sembuh.

8. Kendalikan rasa nyeri

Kamu tidak perlu menahan nyeri pasca dilakukan tindakan operasi pembedahan. Keluhan nyeri selain tidak nyaman juga menyebabkan kamu enggan bergerak sehingga meningkatkan risiko komplikasi. Dokter biasanya membekali pasien dengan berbagai jenis obat pereda nyeri, namun bila dirasa obat obatan tersebut masih belum mampu meredakan nyeri, segera kontrol kembali ke dokter.


EmoticonEmoticon