Sabtu, 28 Oktober 2017

Melawan Lupus Dengan Kunyit

Tubuh manusia sangat membutuhkan sistem immun untuk melawan berbagai macam penyakit berbahaya. Dalam kondisi normal, sistem immun akan membantu tubuh membasmi setiap antigen asing yang masuk ke dalam tubuh, termasuk antigen yang berasal dari bakteri atau virus. Sayangnya pada beberapa kasus, sistem immun ini justru menyerang protein tubuh sendiri. Kondisi ini disebut dengan istilah penyakit autoimmun.

Ada beberapa jenis penyakit autoimmun dan tiap tiap penyakit autoimmun ini menyerang organ yang berbeda. Gejala yang muncul pun tergantung dari organ yang diserang oleh sistem immun. Bila yang diserang adalah sel sel pankreas yang memproduksi insulin maka gejala yang muncul adalah gejala penyakit diabetes melitus tipe 1. Bila yang diserang adalah kelenjar tyroid maka gejala yang muncul bisa berupa gejala penyakit hipotyroid.

Diantara beberapa jenis penyakit autoimmun, ada satu penyakit autoimmun yang memiliki ciri khas menyerang inti dari berbagai sel. Penyakit autoimmun tersebut adalah Lupus. Karena menyerang inti dari berbagai macam sel maka gejala yang muncul pada penyakit Lupus sifatnya adalah sistemik atau muncul dari berbagai macam organ tubuh.

Jadi, Lupus memilik daya rusak organ yang cukup tinggi dan berisiko menyebabkan terjadinya komplikasi yang parah. Lupus sendiri kebanyakan menyerang kaum wanita saat mereka memasuki usia produktif. Salah satu organ tubuh yang paling banyak diserang oleh Lupus dan menimbulkan komplikasi yang fatal adalah ginjal.

Ironisnya, kerusakan ginjal pada penderita Lupus juga diperparah oleh konsumsi obat obatan yang digunakan untuk mengobati Lupus. Untuk itu, kedepannya diharapkan para ahli dapat mencari solusi pengobatan Lupus yang lebih bersahabat dengan ginjal.

Pemberian suplemen kunyit pada penderita Lupus yang mengalami inflamasi ginjal dapat menurunkan kadar protein dalam urine (proteinuria), kadar sel darah pada urine (hematuria) dan menstabilkan tekanan darah. Hasil ini didapat dari sebuah studi yang secara khusus mencari manfaat pemberian suplemen kunyit pada penderita Lupus.

Hasil studi ini sekaligus memberi harapan yang lebih terang tentang pilihan obat yang bisa diberikan dokter untuk penderita Lupus, terutama pada mereka yang bermasalah dengan ginjalnya. Tentu saja masih dibutuhkan studi lanjutan untuk melihat efek yang lebih bagus dari pemberian kunyit ini.


EmoticonEmoticon