Sabtu, 07 Oktober 2017

Ini Bahayanya Bila Tubuh Manusia Kekurangan Kalsium

Bila selama ini asupan kalsium dianggap sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Mayo Clinic Proceedings mengungkap sebuah temuan baru yang tidak kalah pentingnya.

Menuruts studi tersebut, kadar kalsium yang rendah di dalam darah menyebabkan seseorang berisiko mengalami henti jantung. Risikonya bahkan meningkat dua kali lipat bila dibandingkan dengan orang yang kadar kalsium di dalam darahnya normal.

Sebagaimana diketahui, henti jantung merupakan salah satu penyakit jantung yang sangat fatal. Angak kematian henti jantung sangat tinggi atau hampir 90% dari seluruh kasus henti jantung. Selama ini para ahli berusaha mencari faktor risiko utama terjadinya henti jantung.

Dengan temuan ini, para ahli berhasil mengungkap hubungan penting antara kadar kalsium di dalam darah dengan risiko terjadinya henti jantung.

Dalam studi ini, para peneliti membandingkan kadar kalsium dari 267 pasien yang mengalami henti jantung dengan 445 pasien yang tidak mengalami henti jantung.

Hasilnya, kadar serum kalsium pada penderita henti jantung lebih rendah bila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengalami henti jantung.

Kadar kalsim dalam darah yang menyebabkan seseorang mengalami risiko tinggi menderita henti jantung adalah kadar kalsium darah yang kurang dari 8.95 miligram pe desiliter. Sedangkan kadar kalsium normal di dalam darah adlaah 8,5 sampai 10,2 mg/dL.

Meskipun masih dibutuhkan studi lanjutan yang bisa membuktikan apakah memperbaiki asupan kalsium dapat menurunkan serangan jantung, studi terbaru ini sudah bisa digunakan memprediksi faktor risiko henti jantung.


EmoticonEmoticon