Senin, 02 Oktober 2017

Ini Akibatnya Bila Menaruh Televisi Di Kamar Tidur Anak

Memiliki kamar tidur yang terpisah dengan kamar orang tua merupakan salah satu cara mendidik anak agar bisa mandiri. Namun, jangan coba coba menaruh pesawat televisi di kamar anak karena menurut studi terbaru, anak anak yang kamar tidurnya berisi pesawat televisi cenderung akan memiliki berat badan yang berlebihan.

Disamping mengalami kegemukan, anak anak yang tidur ditemani oleh pesawat televisi juga akan ketinggalan prestasi belajar di sekolah.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Negeri Iowa, Amerika Serikat ini menganalisa data sebuah paper yang menyebutkan setengah dari anak yang berusia tujuh tahun memiliki pesawat televisi di kamar tidurnya.

Para peneliti menyarankan para orang tua, bila tidak ingin anaknya mengalami kegemukan dan kemunduran prestasi belajar, segera singkirkan pesawat televisi dari kamar tidur anak.

Saat menonton televisi di kamar seorang diri, anak anak cenderung untuk menonton tayangan yang dia sukai artinya jarang diantara mereka menonton acara yang sifatnya mendidik atau bermain game dengan permainan yang mendidik.

Saat pesawat televisi ada di dalam kamar anak maka orang tua akan kesulitan memantau apa yang ditonton oleh anak anaknya. Mereka akan dengan mudah terpengaruh oleh tayangan televisi tanpa bimbingan orang tua.

Dari 5000 anak anak yang diteliti dalam studi ini, sebagian besar dari mereka menghabiskan waktunya untuk menonton televisi dengan mengurangi waktu untuk membaca. Durasi tidur mereka juga memendek. Tentu saja hal yang paling penting adalah menonton televisi di kamar akan mengurangi waktu mereka bermain di luar rumah dan berinteraksi dengan dunia luar.

Nah, bila di kamar anak anak masih ada pesawat televisi, segeralah singkirkan pesawat televisi tersebut.


EmoticonEmoticon